Cara melakukan ping agar weblog cepat terindex

  Dalam dunia bloging ping adalah sebuah XML-RPC (prosedur panggilan jarak jauh yang menggunakan XML untuk mengkodekan panggilan dan HTTP sebagai mekanisme transportasi) hal ini bertujuan untuk mendorong pemberitahuan terhadap sebuah server. Sinyal XML-RPC dikirim dari weblog untuk satu atau bahkan banyak Ping Server dengan tujuan memberitahukan daftar konten baru di weblog, kemudian server ping tersebut akan

memberitahukan server lain seperti Search Engines, Website Directories, News Websites, Aggregators, Feed Websites, dll tentang adanya update dari sebuah blog yang melakukan ping (pinged).

Untuk tujuan SEO melakukan ping adalah untuk memberitahukan search engine seperti google, yahoo, bing, dll tentang adanya update terbaru dari sebuah web atau blog. Dengan memberitahukan search engine, web akan dengan cepat dirayapi atau ditelusuri oleh search engine (mesin pencari) sehingga blog akan lebih cepat muncul dalam index mereka.

Dengan mensubmit sitemap ke mesin pencari seperti bing atau google, sebenarnya akan dengan otomatis google atau bing akan merayapi blog setiap adanya update, namun terkadang robot dari search engine memiliki jangka waktu yang lama untuk merayapi sebuah blog terlebih jika itu adalah blog baru. Dengan melakukan ping hal tersebut bisa dipercepat.

Banyak sekali layanan untuk melakukan ping diantaranya pingomatic.com, pingoat.com, pingler.com, mypagerank.net, dll.

caranya pun sangat mudah, kita tinggal mengcopy alamat situs atau url (link) terbaru dari blog kita kemudian isikan ke kolom yang disediakan. Melakukan ping bisa dilakukan setiap kali Anda melakukan update.

Untuk melakukan ping ke google bisa dengan mengunjungi alamat berikut: http://blogsearch.google.co.id/ping, lalu masukan alamat url yang akan di ping ke Google, lalu Klik tombol Submit blog. Layanan ping lainnya pada dasarnya cara menggunakannya sama saja. Isi saja datanya atau kolom yang diminta. Ada pula layanan ping yang tidak hanya untuk melakukan ping ke google tapi juga ke beberapa search engine dan directory sekaligus, dan ini tentu akan lebih cepat dan akan lebih mempermudah.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: