Cara setting domain .id ke blogspot

Jika Anda punya domain .id seperti :

  1. .ac.id,
  2. .co.id,
  3. .net.id,
  4. .or.id,
  5. .web.id,
  6. .sch.id,
  7. .mil.id,
  8. .go.id,
  9. .biz.id,
  10. .my.id, dll.

mungkin akan kesulitan ketika akan digunakan untuk blog berplatform blogspot, karena belum tersedianya fasilitas DNS management untuk domain .id. Solusinya bisa dengan membeli paket hosting terlebih dahulu kemudian mengarahkan domain ke blogspot atau dengan cara kedua yaitu dengan menggunakan layanan Free DNS management. Disini akan dibahas cara setting domain .id menggunakan free DNS dari afraid.org untuk menghemat biaya agar tidak perlu membeli (menyewa) web hosting.

Cara setting domain .id ke blogspot menggunakan free DNS afraid.org cara kerjanya adalah mengarahkan nameserver domain ke server afraid.org kemudian nantinya afraid.org menyediakan layanan untuk mengatur DNS, domain forwarding, email domain, dll menggunakan server mereka. Hampir sama dengan cara setting custom domain blogspot yang pernah saya tulis sebelumnya yaitu cara setting domain namecheap ke blogspot dan cara setting domain name.com ke blogspot bedanya kali ini kita menggunakan pihak ketiga untuk mengelola DNS. Jadi yang pertama perlu Anda lakukan untuk menggunakan layanan dari afraid.org ini adalah merubah nameserver domain menggunakan server afraid.org.

Langkah pertama silahkan setting nameserver domain ditempat pembelian domain Anda menggunakan server afraid.org yaitu
ns1.afraid.org
ns2.afraid.org
ns3.afraid.org
ns4.afraid.org
Untuk cara mengganti nameserver domain silahkan dicari sendiri atau tanyakan kepada customer service tempat membeli domain untuk mengetahui caranya, karena beda tempat akan berbeda caranya.

Setelah mensetting nameserver domain silahkan menuju http://freedns.afraid.org Kemudian klik registry di bagian sebelah kiri halaman. Buka email yang digunakan dalam pendaftaran untuk melakukan verifikasi, kemudian klik link yang diberikan lewat email dari afraid.org.

Klik domain (sebelah kiri halaman) kemudian klik add domain, masukan domain anda. Setelah domain terdaftar klik manage. Pilih atau klik nama domain yang tanpa subdomain. Kemudian masukan pada option type pilih A, subdomain biarkan kosong, domain pilih domain anda, destination masukan 216.239.32.21 kemudian klik save. Perhatikan gambar berikut :

Setelah itu klik add lakukan hal yang sama dengan langkah diatas namun pada destinationnya masukan IP berikut satu persatu :
216.239.34.21
216.239.36.21
216.239.38.21
Jika sudah selesai memasukan 4 ip google tersebut tersebut, langkah selanjutnya adalah merubah CNAME domain. Klik nama domain yang menggunakan www, pada option type pilih CNAME, subdomain biarkan kosong, domain pilih domain anda, destination masukan ghs.google.com kemudian save. Hasilnya akan menjadi seperti ini perhatikan gambar berikut (dalam contoh domain yang digunakan adalah arie.pro) :

Langkah selajutnya mensetting custom domain blogspot. Silahkan login ke blogspot (blogger.com) pilih Setting » basic. Lihat bagian Penerbitan (publishing). Klik tambah custom domain

Kemudian masukan nama domain ke kolom yang telah disediakan menggunakan www, misalnya http://www.domainanda.com. Jangan lupa untuk klik atau centang box alihkan domainanda.id ke http://www.domainanda.id. Perhatikan gambar berikut, klik untuk memperbesar :

Masukan verifikasi kata (jika diminta) kemudian klik simpan setelan dibagian bawah.

Proses setting custom domain blogspot menggunakan domain .id telah selesai, Anda tinggal menunggu proses propagasi biasanya memakan waktu sampai 24 jam hingga domain berganti. Itulah cara setting domain .id ke blogspot

2 Comments on Cara setting domain .id ke blogspot

  1. Responnya jadi lama ga gan? kan secara muter dulu tuh ke afraid.org.

    Suka

  2. Ijin coba broo

    Suka

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: