Layanan iklan mana yang lebih baik Google Adwords VS Facebook Ads

  Ingin meningkatkan penjualan, ingin mempromosikan produk atau jasa anda, ingin pasang iklan??? Jika Anda sedang bingung mencari layanan periklanan di internet, berikut akan saya bahas persaingan dua layanan iklan terbesar saat ini.

Disini saya akan membahas Google adwords (layanan iklan milik perusahaan google) dan Facebook ads (layanan iklan milik perusahaan facebook), manakah yang lebih cocok untuk bisnis atau usaha anda.

Kedua layanan periklanan ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing tergantung dari sisi mana kita melihatnya. Berikut akan saya golongkan kedalam beberapa kebutuhan dan kategori berdasarkan pengalaman saya dalam menggunakan layanan ini.

1. Untuk branding
Jika Anda memasang iklan untuk tujuan branding, saya sangat menyarankan untuk menggunakan facebook ads, kenapa facebook ads? Facebook akan menampilkan iklan berdasarkan minat penggunanya. Misalnya jika Anda memiliki usaha penjualan sepatu futsal dengan merek “futsalku” dengan otomatis facebook akan menampilkan iklan Anda kepada pengguna facebook yang memiliki minat terhadap futsal. Sehingga brand Anda “futsalku” akan terlihat disana.

Selain itu facebook memiliki sistem viral, dimana ketika ada seorang user menyukai atau mengomentari iklan anda, otomatis teman-teman dari user tersebut akan mendapatkan pemberithuan di beranda mereka. Ini akan sangat efektif untuk mempromosikan brand baru.

Berbeda dengan google adwords yang berbasis pencarian. Iklan adwords akan muncul berdasarkan kata kunci pencarian di mesin telusur google, sehingga ini tidak akan cocok untuk memawarkan nama brand baru. Jelas akan sedikit orang yang memasukan kata kunci yang sesuai dengan sebuah brand baru.

2. Untuk meningkatkan penjualan
Jika Anda memiliki produk yang umum dan orang banyak membutuhkan produk Anda namun penjualan Anda sangat minim, Anda bisa menggunakan google adwords. Jika Anda menjual sebuah produk yang umum misalnya menjual mobil, tentu saja saingan akan banyak sehingga orang yang membeli produk Anda sangat minim. Di google pasti akan banyak orang mencari mobil, misalnya orang-orang mengetikan kata “jual mobil”, tentu saja akan sangat banyak kompetitor (web yang menjual mobil), disini Anda bisa menggunakan layanan google adwords untuk memasang iklan di hasil pencarian google.

Ketika dengan mengoptimasi web (SEO) tak mampu membuat situs Anda muncul di halaman pertama google, jalan lain untuk menempatkan situs Anda di halaman pertama hasil pencarian adalah dengan memasang iklan di google adwords sehingga Anda akan mampu bersaing dengan web lainnya.

3. Kelebihan dan kekurangan
Kelebihan Facebook ads :
Kelebihan facebook ads diantanya, banyak pilihan iklan, salah satu jenis iklan yang unik adalah CPA atau klik per action, misalnya Anda membuat iklan dengam tujuan untuk memperbanyak klik fanspage, Anda hanya akan membayar iklan setiap kali ada user yang melakukan like terhadap fanspage Anda setelah melihat iklan. Selain itu facebook ads bisa lebih tertarget karena bisa berdasarkan umur, lokasi, dan minat, disini Anda bisa menanyangkan iklan hanya untuk orang dengan lokasi, umur dan minat tertentu.

Kelemahan facebook ads :
Kelemahan facebook ads, iklan hanya terbatas bagi para pengguna facebook saja. Tentu saja para pengguna internet belum tentu semuanya memiliki akun facebook. Pemilik akun facebook pun tidak akan login setiap saat mereka menggunakan internet, sementara iklan hanya akan muncul disaat pengguna facebook log in.

Kelebihan google adwords :
Salah satu kelebihan dalam memasang iklan di google adwords adalah iklan akan muncul di semua layanan google, banyak sekali layanan google seperti misalnya youtube, google mail, google drive, dll, namun Anda juga bisa memfokuskan iklan hanya di search engine google. Memasang iklan untuk penjualan produk akan sangat efektif jika menggunakan google adwords, misalnya ada orang yang mencari mobil murah, sangat besar kemungkinan orang tersebut akan mencarinya di google.

Kelemahan google adwords :
Dengan memasang iklan di google adwords kita hanya bisa menunggu orang-orang yang menggunakan google berdasarkan kecocokan dengan kata kunci iklan milik kita. Iklan juga berdasarkan hasil lelang, misalnya Anda memasang iklan dengan kata kunci “baju murah” jika ternyata ada pemasang iklan yang menggunakan kata kunci yang sama dengan iklan Anda maka iklan dengan nilai perklik yang lebih tinggi yang akan muncul lebih atas (lebih awal), hal ini tidak akan cocok dengan Anda yang memiliki budget terbatas.

4. Kesimpulan
Untuk Google adwords ini lebih ke laser targeted, jadi bukan kita yang menjemput bola (mencari produk atau jasa) tapi userlah yg mencari produk drngan melakukan pencarian di google, dan di search result munculah iklan kita. Tentu ini berbeda dengan Facebook ads, yang berdasar minat, bukan pencarian yang dilakukan user. Dengan fb ads kita yang menjemput bola dengan cara menawarkan produk kepada para user, melalui minat yang telah kita targetkan. Keduanya memiliki kelebihannya masing-masing semua tergantung kebutuhan anda.

Pembayaran iklan di Google adwords adalah perklik (PCP atau PPC) dimana pemasangan iklan harus membayar berdasarkan jumlah klik pada iklan. Sedangkan di facebook ada PPC, CPM (iklan akan dibayar berdasarkan jumlah tampilan iklan tanpa menghitung jumlah klik), CPA (iklan dibayar berdasarkan tindakan) dll. Sebaiknya Anda melakukan riset terlebih dahulu untuk menentukan mana yang lebih cocok dengan kebutuhan anda. Klik disini untuk mendapatkan artikel lainnya tentang bisnis online melalui sosial media.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: