Tips aman jual beli online

Dengan segala kemudahannya kini bertransaksi jual beli melalui media online sudah sangat diminati. Kini mulai banyak bermunculan toko online dan penjual  produk atau jasa melalui media online, mulai dari web hiingga menggunakan sosial media seperti BBM, facebook, dsb. Walau memberikan banyak kemudahan bertransaksi melalui media online bukan tanpa resiko, banyak sekali penipuan yang berkedok jual beli online, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan berikut beberapa tips dari www.arie.pro.

Tips untuk buyer (pembeli) :
1. COD
COD atau cost on delivery merupakan cara aman untuk jual beli secara online, setelah Anda menemukan barang yang diinginkan di internet (online) “jika memungkinkan” pilihlah cara COD (ketemuan antara buyer dan seller) saat akan membayar barang tersebut. Dengan cod kita juga bisa melihat langsung kualitas barang dan kecocokan barang yang akan dibeli.

2. Cari data penjual, dalam mencari data penjual kita bagikan dalam beberapa point

  • Penjual telah lama ada
    Meski tidak menjamin, namun setidaknya jika penjual telah lama ada maka penjual tersebut  telah dapat dibuktikan eksitensinya, selain itu juga kita bisa mendapatkan sedikit gambaran tentang reputasi si penjual.
  • Pasikan keaslian data
    Pastikan kaslian data, misalnnya dengan cara menyamakan nomor rekening dengan nama penjual, memastikan tempat penjual, dll. Dalam situs jual beli seperti tokobagus.com, ads-id, berniaga, dsb. Ada fitur verifikasi dimana seorang penjual akan diberikan beberapa sarat agar ia dapat terverifikasi sebagai penjual. Pilihlan penjual yang terverifikasi (verified), karena penjual dengan status verified telah di pastikan alamat atau keberadaan tempatnya.
  • cari referensi
    Situs seperti batamwatch.com atau datapenipu.com data membantu untuk mengetahui data pejual, disana kita dapat melihat list para penipu online (perlu diingat tidak semua data penipu ada disana). Sangat penting untuk mengetahui data penjual, nama perusahaan (jika ada) cek keaslian datanya. Jika membeli barang menggunakan media forum online sepeerti kaskus, ads-id, dll pastikan positive feedback atau testimoni telah banyak diberikan kepada sang seller.
  • Data who is
    Jika Anda membeli dari sebuah situs toko online ada baiknya menggunakan alat ” who is”. Who is aalalah alat untuk mengetahui siapa pemilik domain (pemilik situs secara tidak langsung), disana Anda dapat melihat nama dan alamat pemilik toko. Cara menggunakan who is cukup mudah, Anda tinggal berkunjung ke situs whois.domaintool.com atau who.is kemudian masukan nama situs web’nya, misalnya “www.arie.pro” disana Anda akan melihat siapa pemilik http://www.arie.pro. Namun jika toko online tersebut menggunakan domain gratisan seperti dari blogspot.com, webs.com, wordpress.com Anda tidak dapat menggunakan who is, dan sedikit rawan untuk mempercayai toko online dengan domain gratis. Pastikan web penjual tidak memiliki embel-embel domain gratisan dibelakangnya, misalnya tokosepeda.webs.com atau jual-jas.blogspot.com, dsb, karena biasanya penjual yang serius lebih memilih untuk membeli domain dan tidak menggunakan domain gratisan. Membeli barang atau jasa di situs yang menggunakan domain .co.id jauh akan lebih aman, domain .co.id merupakan domain Indonesia dan hanya perusahaan terpercaya yang dapat memiliki domain .co.id.
  • Way back machine
    Ini adalah pencarian data web selain who is alat seperti “way back machine” di situs archive.org akan memperlihatkan berapa lama website seller telah berdiri, datanya akan membantu kita untuk lebih mempercayai keberadaan dan kredibilitas website tersebut.

3. Pilih grosir atau produsen
Jika menggunakan situs jual beli online seperti misalnya berniaga.com, tokobagus.com, amazon.com, ebay.com, dsb alangkah baiknya untuk memilih membeli langsung dari grosir ketimbang dari reseller, namun pastikan akun seller terpercaya dan telah memiliki banyak testimoni yang baik. Selain itu, membeli langsung dari grosir atau dari produsen biasanya akan lebih murah dalam urusan harga.

4. Baca rules atau syarat dan ketentuan.
Bacalah syarat dan ketentuan (rules) yang diberikan oleh seller, jika belum ada mintalah syarat dan ketentuannya. Pilihlah seller yang menjamin refund (pengembalian dana), buatlah perjanjian untuk barang atau jasa yang tidak sampai di tangan atau tidak sesuai harapan (barang palsu, barang rusak saat pengiriman, jasa tidak sesuai target, dsb). Biasanya web jual beli selalu mempunyai halaman yang menjelaskan kebijakan dan rules mereka.

 

Tips untuk seller (penjual) :
1. Gunakan pihak ketiga dalam menerima pembayaran.
Jasa escrow atau rekening bersama akan sangat membantu Anda para seller, dengan menggunakan jasa escrow Anda tidak perlu takut pembeli tidak membayar barang anda. Gunakanlah jasa escrow terpercaya. Selain dengan cara tersebut, mintalah pembeli untuk  membayar terebih dahulu sebelum Anda mengirimkan barang.

2. Metode pembayaran
Sebagai penjual online Anda perlu tahu dan patut mencoba paypal. Paypal merupakan alat bertransaksi online untuk tarik tunai, mengirim dan menerima pembayaran. Sangat banyak orang mempunyai paypal, jika Anda telah mencapai market luar negeri, salah satu metode paling aman untuk transaksi adalah paypal. Dengan paypal Anda bisa melakukan refund (pengembalian dana) dengan mudah jika ada masalah dengan si pembeli. Menggunakan paypal pun jauh akan lebih aman daripada menggunakan metode konfensional.

3. Kenali pembeli
Cek data pembeli, pastikan ia menggunakan nama dan alamat asli. Terasa berlebihan memang jika setiap pembeli untuk Anda mintai bukti scan atau foto ktp, tapi mungkin itu salah satu cara terbaik untuk memastikan data pembeli. Bertransaksi online di sosial media seperti facebook, mesengger, forum, dsb merupakan tempat paling rawan dalam pemalsuan identitas, jadi pastikan bahwa data pembeli memang benar. Cek kredibilitas pembeli, di forum seperti kaskus, ads-id, dan forum jual beli lainnya Anda dapat dengan mudah melihat apakan pembeli pernah bertransaksi online atau belum, lihat juga feedback si pembeli, jika memang ia sudah sering melakukan transaksi dan merupakan pembeli terpercaya, kita bisa mempercayai orang tersebut.

Itulah tips dari soloraya.com dalam jual beli online, jika merasa telah yakin dengan penjual atau pembeli Anda tidak perlu melakukan cara-cara diatas, cara diatas hanyalah sebagai sedikit acuan dalam bertransaksi online. Perlu diingat pula, dengan menerapkan semua cara/tips diatas Anda belum sepenuhnya aman dalam bertransaksi online, karena selalu saja ada cara penipu untuk mengelabui korban.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: