Tips memilih domain

Pada artikel sebelumnya  dibahas tentang apa itu domain dan untuk kali ini kita akan membahas tips memilih domain yang baik. Domain merupakan bagian terpenting dari sebuah web karena ini sama dengan merk atau brand dari web kita.

Domain diperlukan untuk mengidentifikasi web kita di internet, domain bisa disamaartikan dengan nama web. Selain itu, domain dipakai untuk mengingat nama server yang dikunjungi tanpa harus mengenal deretan angka rumit yang dikenal sebagai alamat IP, seperti misalnya IP 11.22.33.44. cukup diingat dengan nama domain http://www.google.com “misalnya”.

Pemilihan nama domain sedikit banyak akan mempengaruhi web kita, baik itu dalam jumlah pengunjung, SEO, dll, Domain hanya bisa kita sewa dari penjual domain atau yang sering disebut registrar. Domain disewa setahun sekali dengan harga berbeda-beda tergantung ekstensi dari domain. Dan berikut tips memilih nama domain :

1. Tempat pembelian domain
Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah tempat penyewaan domain. Disarankan untuk memilih tempat penyewaan domain yang telah terpercaya dan memiliki reputasi yang baik. Di internet telah banyak forum-forum yang membahas tentang tempat pembelian/penyewaan domain terbaik, kita bisa mencari refferensi disana. Untuk registrar dari luar negeri sebut saja name.com, namecheap.com, godaddy..com, dll yang merupakan salah satu registrar populer dan terbaik, Anda bisa mengunjungi alamat tersebut untuk  menyewa domain. Untuk registrar lokal Anda bisa melihat daftarnya di pandi.or.id

2. Management domain
Pilihlah registrar yang memberikan kita keleluasaan untuk mengkostumisasi domain kita, misalnya memberikan kita akses untuk merubah settingan nameserver, DNS, email, redirect domain, dll. Untuk hal ini Anda bisa menghubungi costumer service dari registrar untuk mengetahuinya.

3. Pemilihan nama
Untuk pemiihan nama tergantung dari ketersedian nama di registrar misalnya nama seperti google.com tidak mungkin untuk kita miliki karena sudah dimiliki oleh orang lain. Untuk pemilihan nama kita bagi kedalam beberapa point.

  • Mudah diingat, usahakan memilih nama domain yang mudah diingat. Misalnya abc.com akan lebih mudah diingat daripada kxftz.com
  • Gunakan yang sesuai dengan isi web yang akan dibangun nantinya. Misalnya jika Anda ingin membangun sebuah web untuk toko online dengan nama “busana batik” pilihlah yang berkaitan atau sesuai dengan nama brand anda, contohnya solosouvenir.com atau misalkan ollasouvenir.com.
  • Tidak terlalu panjang, kami sarankan untuk tidak memilih nama domain lebih dari 16 karakter
  • Jika masih tersedia pilihlah ekstensi domain yang sesuai dengan isi web misalnya untuk toko online pilihlah ekstensi .com atau .shop, untuk web download misalnya .download, .mp3, dll
  • Hindari penggunaan nomor atau tanda pemisah. Ini hanya pilihan saja, namun kami sarankan untuk tidak menggunakan karakter nomor di domain. Misalnya nama domain indosehat.com menurut kami lebih baik daripada 1nd0-s3h4t.com

Itulah tips dari soloraya.com dalam pemilihan nama domain. Nama domain akan digunakan terus selama web Anda berdiri, jadi pilihlah yang benar-benar sesuai.  Ada yang  bilang nama adalah doa, semoga sukses dan silahkan baca artikel  kami lainnya.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: