Tips seo yahoo! dan bing

Jika berbicara tentang search engine atau mesin telusur web, pasti kita akan ingat pada google. Siapa sih yang tidak tahu google, saya yakin Anda pun tahu google dan mungkin Anda masuk ke blog ini pun melalui google.

Popularitas google memang samgatlah tinggi sebgai mesin pencari atau mesin telusur web, tapi kita perlu tahu kalau mesin pencari web bukan hanya google dan mungkin mesin pencari lain bisa lebih menyajikan hasil yang lebih baik dari google. Selain google kita tahu ada 2 mesin pencari lainnya yaitu bing dan yahoo, selain itu masik banyak lagi mesin pencari diantaranya baidu, ask, dll.

Menurut sebuah penelitian webpageFX di tahun 2013, 67% pengguna mesin pencari masih mengandalkan google dan 29% diantanya adalah gabungan antara pengguna bing dan yahoo. Google digunakan hampir 6 miliar pencarian setiap hari dan lebih dari 2 triliun pencarian pada tahun 2013 saja, memang google masih sangat mendominasi. Jika kita mempunyai bisnis di internet sangat disayangkan jika 29% atau jutaan pengguna search engine kita abaikan begitu saja, karena mungkin saja para pelanggan yang loyal terhadap produk kita ada di 29% tersebut.

Kali ini saya akan membahas Teknik optimasi seo untuk yahoo! dan bing. Yahoo merupakan situs pencarian ternama dan terbesar. Yahoo!, yang memiliki singkatan “Yet Another Hierarchical Officious Oracle” berdiri tahun 1994 dan merupakan salah satu situs pencarian tertua bahkan melebihi google. Namun yahoo! memang tidak hanya berkonsentrasi pada mesin pencari banyak layanan lainnya seperti, directory, yahoo news, yahoo mail, dll. Hingga mereka lebih dikenal sebagai portal.

Teknik optimasi untuk yahoo dirasa perlu untuk diketahui walaupun pengguna yahoo! search tidak sebanyak google search namun yahoo! search masih memiliki banyak pengguna. Sebagai seorang pemilik situs web/blog, kita tentu saja harus bisa mendapatkan traffic (pengunjung) bukan hanya dari google namun juga dari mesin pencari lainnya seperti dari yahoo!. Selain itu kini yahoo search telah bergabung dengan bing (mesin pencari milik microsoft) tentu saja pengguna mesin pencari mereka kini semakin banyak. Dan berikut tips optimasi (cara mendatangkan pengunjung dari yahoo! search) :

  • Mendaftarkan situs

Agar dapat muncul di yahoo! search, hal paling mendasar untuk dilakukan tentunya mendaftarkan situs ke mesin pencari mereka. Silahkan buat akun bing webmasters kemudian masukan data situs, alamatnya di http://www.bing.com/toolbox/webmaster. Jangan lupa untuk membuat Sitemap.xml kemudian submit ke bing webmasters.

  • Domain

Search engine yahoo! sangat memperhatikan domain. Mereka lebih mempercayai penggunaan TLD (top level domain) daripada subdomain. Selain itu penggunaan keyword dalam domain akan sangat membantu hasil pencarian di yahoo! search. Exact match domain masih ampuh untuk menduduki posisi teratas di yahoo! search.

  • Struktur Url

Begitupun dengan struktur url. Yahoo search lebih suka dengan url menggunakan keyword misalnya url dengan keyword mobil mewah http://www.mobil.com/mobil-mewah.html akan lebih baik daripada url tanpa keyword misalnya http://www.mobil.com/?p=123.

  • User friendly

Yahoo lebih menyukai situs web/blog yang user friendly atau bersahabat dengan pengunjung. Situs mudah dinavigasi, tidak banyak iklan, desain dan hal-hal lainnya memudahkan pengunjung untuk menjelajahi situs.

  • Backlink

Backlink salah satu faktor yang mampu meningkatkan peringkat hasil pencarian di mesin pencari bukan hanya saja di yahoo tapi di hampir semua mesin pencari. Namun di yahoo! hal terpenting adalah kualitas backlink. Selain itu cobalah untuk mendapatkan backlink dari flickr, yahoo news, dan backlink dari produk yahoo lainnya, ini untuk meningkatkan kepercayaan yahoo terhadap situs web anda.

  • Qualitas konten

Kualitas konten perlu diperhatikan, hindari copy paste artikel dari web lain, tambahkan beberapa media seperti gambar atau video jika memungkinkan. Berbeda denga google yang kurang menyukai web yang terlalu banyak media apalagi banyak menggunakan javascript di yahoo konten yang kaya akan fitursangat mereka sukai.

  • Situs dari otoritas terpercaya

Situs web terpercaya seperti web pemerintahan, dengan domain .go.id, .gov, dll akan lebih mudah untuk tampil di yahoo! search. Jika Anda merasa tidak mungkin memiliki situs dengan domain pemerintahan, cobalah untuk mendapatkan backlink dari situs pemerintahan, ini akan membantu menaikan peringkat situs Anda di mesin pencari yahoo!

  • Umur situs

Situs tua lebih dipercayai yahoo dibandingkan situs baru. Situs baru akan sedikit kesulitan untuk masuk ke halaman pertama hasil pencarian yahoo apalagi jika situs web atau blog tersebut masih berumur kurang dari satu bulan. Jika di google situs baru pun jika memang seo nya bagus maka akan denan mudah masuk halaman satu, namun di yahoo usia situs angat diperhatikan.

Itulah beberapa faktor yang mempengaruhi pencarian di yahoo! search, Anda bisa melakukan teknik optimasi berdasarkan faktor-faktor tersebut. Berikut sedikit perbandingan atara yahoo dan google search :
– Jumlah dan kualitas backlink, Yahoo tidak terlalu memperhatikan jumlah backlink, hal terpenting adalah kualitas backlink (dari mana backlink itu berasal). Berbeda dengan google yang juga memperhatikan link popularity (jumlah backlink) semakin banyak backlink maka semakin baik. Namun ada kesamaan diantara keduanya yaitu membenci link dari situs berkualitas rendah, seperti situs j*di, p*rno, dsb
– Yahoo sangat menyukai template/theme situs User friendly (memudahkan pengunjung), situs dengan banyak fitur seperti flash player, video, musik player, dll tidak akan mempengaruhi hasil pencarian mereka selama hal tersebut tidak menghambat kinerja situs. Berbeda dengan google, google sangat menyukai situs web dengan template yang ringan (mudah di load) tidak terlalu banyak fitur, makanya tidak heran banyak situs dengan fitur minimalis justru tampil di urutan pertama hasil pencarian google.
– Domain dengan keyword bagus untuk yahoo! search. Berbeda dengan google yang kini tidak menyukai exact match domain, domain apapun tidak akan mempengaruhi pencarian google asalkan situs web tersebut memiliki konten yang relevan.
– Media.net vs Google adsense. Issue yang kini menyeruak kuat antara persaingan program periklanan milik yahoo dan bing (media.net) dengan program periklanan milik google (adsense). Banyak webmasters beranggapan agar situs mudah muncul di google sebaiknya pasanglah iklan dari google adsense, begitupun sebaliknya jika ingin situs web/blog lebih mudah muncul di yahoo atau bing sebaiknya pasanglah iklan di situs dari media.net.

Itulah tips otimasi untuk search engine yahoo dan bing dalam artikel kali ini. Untuk mendapatkan artikel menarik lainnya silahkan kunjungi blog ini secara berkala atau dengan cara berlangganan feed blog ini. Jangan lupa untuk membaca artikel menarik lainnya yang telah kami tulis.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: