Bisnis online lewat BBM

Bisnis melalui Blackberry messenger atau sering juga disebut BBM adalah salah satu cara mudah berbisnis online dengan memanfaatkan fitur sosial media. Seperti yang telah kita ketahui, akhir-akhir ini sudah mulai banyak pemakai Blackberry di Indonesia bahkan Indonesia di klaim sebagai salah satu negara dengan pengguna blackberry terbanyak di dunia,

dan kebanyakan pemakai Blackberry tadi memakai Blackberry cuma sebagai sarana untuk bersosialitas saja. Kini BBM telah hijrah ke multi platform, sosial media berupa aplikasi yang awalnya eksklusif hanya untuk pengguna perangkat operasi system blackbbery kini juga bisa digunakan di operasi sistem android, iphone, windows phone, dll, hal ini membuat BBM makin banyak digunakan di Indonesia.

Dengan banyaknya pengguna BBM di Indonesia, hal ini bisa dijadikan peluang bisnis online, dan memang saat ini sudah banyak para pebisnis menggunakan BBM sebagai media berbisnis online baik hanya untuk sekedar promosi atau bertransaksi. Hal semacam ini sudah menjadi realita dikarenakan setiap pengguna Blackberry pasti sedang BBM-an, Facebook-an, ataupun juga Twitter-an. Sesungguhnya fitur-fitur dari Blackberry itu dapat digunakan untuk menambah pendapatan Anda daripada sebatas berchit-chat ria. Salah satu caranya yaitu dengan cara menjual barang secara on-line. Untuk Anda para pemula atau jika Anda tertarik untuk mencoba berbisnis online melalui blackberry messenger, berikut ini ada beberapa tips yang dapat Anda gunakan !

  1. Pertama, Anda perlu membuat grup sendiri di BBM Anda, dengan nama yang sesuai untuk bisnis anda. Hal ini sangat berguna agar kita tak perlu mempromosikan bisnis Anda ke satu-persatu orang, selain itu dengan adanya grup kita bisa mengelompokan orang-orang yang sesuai dengan bisnis yang akan dijalankan.
  2. Lalu masukkan beberapa orang dari daftar kontak BBM Anda. Jika memungkinkan, masukkanlah beberapa orang yang sekiranya punya potensi untuk menjadi customer barang yang nanti Anda jual. Hanya carilah orang-orang tertentu yang mungkin akan tertarik dengan produk atau jasa bisnis anda. Hal ini berguna agar promosi Anda tidak percuma, karena akan jadi percuma jika kita menawarkan suatu produk atau jasa ke orang yang tidak tepat.
  3. Selanjutnya, masukkan gambar barang dagangan ke dalam grup BBM yang sudah Anda buat. Dan lebih baik jika Anda memasukkan gambar tak terlalu banyak. Anda dapat memasukkan satu ataupun dua gambar untuk mewakili setiap jenis barang dagangan Anda. Jika ada yang bertanya type ataupun jenis yang lain, Anda dapat mengirim gambar yang lain secara pribadi kepada calon konsumen. Memasukkan banyak gambar akan menjadikan grup Anda semakin memperlambat kerja Blackberry dari pemakai yang sedang mengakses grup Anda. Hal semacam ini pastinya akan menjadikan grup Anda malah akan di-leave (ditinggalkan) oleh beberapa orang yang Anda masukkan ke grup tadi. Tipsnya, gunakan gambar yang jernih, memiliki resolusi gambar bail, dan buatlah gambar tersebut semenarik mungkin, gunakan model pada gambar untuk produk atau jasa jika diperlukan.
  4. Setelah itu, silahkan up date status beberapa barang dagangan lewat chat activities. Dalam satu hari mungkin Anda dapat mengupdate status 3 kali yang masing-masing dikerjakan saat pagi, siang dan juga malam hari. Jangan terlalu keseringan, hal ini akan membuat Anda dianggap sebagai spammer, dan justru hal tersebut akan membuat orang lain kesal kepada kita.
  5. Jangan lambat memberikan respon atau tanggapan dari orang yang tertarik dengan barang dagangan atau jasa yang ditawarkan. Semisal ada yang mengomentari di gambar ataupun ada orang bertanya masalah barang dagangan Anda lewat chat, sebisa mungkin segera ditanggapi, jangan membuat calon pelanggan Anda terlalu lama menunggu.
  6. Sebaiknya kuasai secara detil produk atau jasa anda, dikarenakan ini adalah hal yang penting. Konsumen pasti akan makin meyakini jika Anda dapat dengan lancar menuturkan mengenai barang dagangan itu.
  7. Melakukan Broadcast Message ataupun BM juga adalah hal yang baik demi mempromosikan bisnjs kita. Akan tetapi BM yang terus-terusan dilakukan juga bukan hal yang baik. Barangkali Anda dapat melakukan BM ke semua kontak pada BBM Anda dalam waktu berkala, misalnya 2 hari sekali dikarenakan tidak setiap orang nyaman dengan BM dengan isi mempromosikan barang dagangan. Selain itu, biasakan juga memulai BM dengan kalimat santun seperti “Maaf saya mau numpang BM ! ” dan sebagainya.

Begitulah beberapa tips dari soloraya.com mengenai tips bisnis melalui BBM, semoga berguna untuk Anda yang mau mendapatkan pendapatan lewat BBM. Kami memiliki banyak artikel untuk bisnis anda, silahkan baca artikel lainnya di blog ini untuk menambah pengetahuan Anda terhadap bisnis online.

1 Comment on Bisnis online lewat BBM

  1. tulisannya menarik, jadi tercerahkan. karena sedang ada tugas kuliah tentang bbm masa kini, jadi kesasar di web ini. Makasih:)

    Kunjungi juga: http://www.jualandiinstagram.wordpress.com

    Suka

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: