Teknik SEO untuk blog wordpress

Kali ini saya akan membahas teknik seo untuk blog wordpress, terutama untuk wordpress self host (wordpress.org). Agar blog wordpress seo friendly terhadap mesin pencari sebenarnya bisa dibilang mudah, karena kita bisa secara leluasa mengkostumisasi blog. Namun ingat, jangan sampai kita salah mensetting atau mengkostumisasi blog, karena jika salah blog kita justru akan lebih susah untuk masuk halaman awal search engine. Berikut langkah-langkah kecil agar blog di wordpress lebih bersahabat dengan mesin pencari (google, bing, yahoo, ask, dll).

Ada dua metode yang dapat dilakukan untuk meningkatkan seo blog wordpress, yang pertama seo on page (teknik optimasi didalam blog), berikut rinciannya :

1. Tema dan judul blog.
Hal pertama yang harus diperhatikan adalah tema dan judul blog. Saat blog membahas sebuah tema misalnya mobil tentu saja judul blog pun harus berkaitan dengan mobil misalnya “Mobil unik”. Judul blog juga harus mampu menggambarkan secara umum dari keseluruhan isi dari halaman-halaman blog yang akan dibuat. Judul akan menjadi kata kunci (keyword) paling kuat di mesin pencari, jadi perhatikan pemilihan judul blog.

2. Format judul.
Format judul, sebaiknya mendahulukan inner page baru kemudian homepage. Jadi formatnya seperti ini :
– Judul postingan – Judul blog, atau
– Judul postingan | Judul blog.
Untuk melakukan hal tersbebut kita bisa mengedit theme blog atau memnggunakan plugin seperti all in seo pack, platinum seo, dll.

3. Strukutur link.
Pemilihan struktur link juga bisa membantu meningkatkan seo, struktur link wordpress sebelum di konstumisasi http://www.namadomain.com/?p=123, dan ini tidak disukai search engine. Untuk langkah ini kita bisa merubah struktur link menjadi seperti ini http://www.namadomain.com/kategori/judul-posting, caranya dengan login ke dashboard -> settings -> permalinks, pilih costum structure, kemudian masukan kode /%category%/%postname%/

4. Meta tag.
Penggunaan meta tag juga bisa dengan menggunakan bantuan plugin seperti platinum seo, yoast seo, atau all in one seo pack. Penggunaan meta tag sangat penting, terutama meta tag deskripsi, meta tag deskripsi berguna untuk menceritakan seperti apa situs Anda atau menceritakan suatu posting dalam halaman blog. selain meta tag deskripsi kita juga bisa menambahkan meta tag keyword dan mengatur halaman yang diperbolehkan untuk dirayapi search engine dengan menggunakan plugin seo.

5. seo image.
Kelebihan wordpress juga terdapat pada optimasi gambar, saat mengupload gambar kita langsung akan diberikan kolom untuk mengisi nama/judul gambar, alternatif judul, dan deskripsi gambar. Isi sesuai dengan gambar yang diupload, penggunaan judul, alt, dan deskripsi akan menceritakan apa gambar tersebut kepada alat perayap mesin pencari.

6. Domain dan hosting.
Berbicara tentang wordpress self host pasti tidak akan terlepas dengan yang namanya hosting dan domain.
– Di era google penguin, pemilihan domain tidak terlalu berpengaruh dalam seo, namun hal ini tetap perlu diperhatikan terutama dalam pemilihan judul blog, jika judul blog membahas tentang handphone, akan sangat baik jika nama domain pun menggunakan kata handphone misalnya http://www.handphone-online.com. Selain itu pemilihan nama domain akan membantu pengunjung agar lebih mudah mengingat alamat blog kita, Nama domain http://www.detik.com, jelas akan lebih mudah diingat daripada http://www.beritaindonesiaterkini.com.
– Hosting akan mempengaruhi kecepatan loading dan menentukan peforma sebuah blog. Disarankan untuk memilih hosting handal yang tidak sering down.

7. Optimasi template atau theme.
Themes wordpress sangat banyak dan sangat mudah didapat mulai dari yang gratis sampai berbayar, hal-hal harus diperhatikan dalam pemilihan themes wordpress :
– Mudah dikostumisasi,
– Menggunakan H1 dalam ukuran huruf heading,
– Fast loading (ringan),
– valid w3.
selain itu penggunaan plugin berlebihan akan mempengaruhi waktu muat halaman, jadi jangan terlalu banyak mgninstall plugin.

8. Navigasi situs.
Permudah navigasi situs dengan membuat breadcrumb, atau dengan membuat internal link (membuat link dari artikel satu ke artikel lainnya), ini untuk mempermudah search engine merayapi seluruh isi blog.

9. Rich snippet Microformat dan microdata.
Rich snippet sendiri berguna untuk memberikan deskripsi tambahan agar pengguna mesin pencari lebih mudah untuk mencari konten yang sesuai.
– Microformat adalah syntaks format yang didefinisikan oleh microformat.org. Microformat didesain untuk berbagai jenis konten web secara umum, menggunakan kosakata pre-defined, misal; fn, author, rel, vcard, updated, dan sebagainya.
– Microdata adalah bagian dari spesifikasi HTML5 Ada dua standar kosakata microdata dapat digunakan saat ini yaitu kosakata dari data-vocabulary.org dan kosakata dari schema.org. syntaks microdata menggunakan itemscope untuk sinkronisasi dengan kosakata dan itemtype untuk deklarasi spesifik kosakata yang akan digunakan. Sedangkan itemprop adalah deklarasi masing-masing item yang harus sesuai dengan jenis kosakata (itemtype) yang digunakan.
Untuk penerapan rich snippet bisa dibaca disini. Namun penggunaan rich snippet hanya berlaku untuk mesin pencari google.

Metode kedua untuk meningkatkan seo blog wordpress adalah seo off page (teknik optimasi diluar blog) :

1. Mendaftarkan blog ke search engine.
Daftarkan blog ke google webmasters, bing webmasters, dll. setelah itu kirimkan sitemap ke mesin pencari tersebut. Sitemap adalah peta situs atau dalam bahasa gampangnya daftar isi blog, untuk lebih mudah silahkan gunakan plugin untuk membuat sitemap. Kemudian daftarkan sitemap, format sitemap biasanya seperti http://www.namadomain.com/sitemap.xml.

2. Lakukan ping
Setiap mengupdate blog (membuat posting baru)jangan lupa untuk melakukan ping misalnya ke blogsearch.google.com/ping, googleping.com, dll. Bisa juga dengan menggunakan fasilitas automatic ping dengan masuk dashboard -> setting -> writing -> Update Services, lalu masukan situs seperti http://rpc.pingomatic.com, dll.

3. Daftarkan ke directory
Daftar ke web directory seperti yahoo directory, technorati, dmoz, dll. Langkah ini juga berguna agar blog mudah ditemukan orang dan terdaftar dalam kumpulan blog.

4. Sosial media.
Sosial media selain dapat meningkatkan seo karena bisa dapat backlink, juga dapat meningkatkan traffic blog.
– Jadi disarankan untuk menggunakan situs seperti infogue.com, lintas.me, dan layanan sosial bookmark lainnya untuk menjaring pengunjung dan mendapatkan backlink.
– Selalu menshare link ke situs jejaring sosial seperti facebook, twitter, google+, dll. Untuk mempermudah agar pengunjung juga dapat menshare link blog Anda ke jejaring sosial, sediakan layanan dari addthis, pressthis, dll. Dalam hal ini Anda juga bisa menggunakan plugin addthis.

Itulah sedikit tips untuk teknik seo blog wordpress. Selebihnya mungkin akan dibahas pada artikel selanjutnya. Untuk yang ingin mengcopy atau merubah artikel ini untuk tujuan online silahkan sertakan link sumber ke artikel ini atau ke (soloraya.com).

Selamat mencoba teknik seo untuk blog wordpress

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: