10 Kuliner Solo yang patut diicipi

Kota Solo selain dikenal memiliki beragam kesenian tradisi, juga dikenal luas sebagai kota gudangnya makanan lezat. Di kota ini, banyak terdapat makanan dan minuman maupun jajanan khas yang langka dijumpai di kota lain. Berikut 10 kuliner yang patut diicipi saat berkunjung ke Kota Solo.

1. Thengkleng Bu Edi/Thengkleng Pasar Klewerthengkleng bu edi

 

Thengkleng merupakan makanan semacam gulai kambing namun kuahnya tidak memakai santan. Isi tengkleng adalah tulang-tulang kambing dengan sedikit daging yang menempel, bersama dengan usus, sate jerohan, otak dan organ-organ lain seperti mata, telinga, pipi, kaki dan lain-lain. Kenikmatan menyantap tengkleng akan terasa ketika kita menggerogoti sedikit daging yang menempel pada tulang dan menghisap tulangnya. Di Solo, salah satu tempat jajan Thengkleng yang terkenal adalah Thengkleng Bu Edi atau dikenal dengan Thengkleng Pasar Klewer karena terletak di kawasan Pasar Klewer, Solo.

2. Sate Kere Yu Rebi

sate-kere

Sate Kere Yu Rebi

Sate Kere berisi sate jerohan sapi, seperti paru, limpa, hati, iso, torpedo, ginjal, dan babat. Selain itu juga ada sate tempe gembus, tempe gembus adalah tempe yang dibuat dari ampas kedele sisa pembuatan tahu. Setelah dibakar, sate ini disiram dengan sambel kacang. Jika anda penasaran dengan kelezatan sate ini, bisa berkunjung di warung makan Sate Kere Yu Rebi, Sriwedari.

3. Gudeg Ceker Bu Kasno Margoyudan

Gudeg Ceker

Gudeg Ceker

Gudeg Ceker Bu Kasno Margoyudan ini cukup unik. Warung yang terletak di Margoyudan ini biasanya buka pada jam 12 malam. Dan setiap harinya selalu ramai dikunjungi penikmat gudeg ceker. Gudeg Ceker ini adalah gabungan dari Gudeg dengan ceker yang dimasak lama hingga lunak dengan bumbu santan.

4. Warung Selat Mbak Lies

Selat Segar Bestik selat mbak lies

Bicara soal Selat Segar Solo, Warung Selat Mbak Lies rasanya sudah tidak asing lagi. Ya, warung yang terletak di Serengan Gang II/42, Serengan, Solo ini memang menjadi incaran, khususnya bagi para penggemar makanan Selat  Segar Solo. Hampir setiap hari, warung yang didesain dengan sentuhan gaya Eropa dan Jawa ini, selalu ramai dikunjungi pecinta selat.

5. Nasi Liwet Wongso Lemu Keprabon

Nasi Liwet Wongso Lemu Nasi Liwet Khas Solo

Berkunjung ke Kota Solo, rasanya kurang afdol jika belum berkunjung ke Keprabon. Di kawasan ini banyak terdapat warung nasi liwet yang buka dari pukul 16.00 WIB. Salah satu warung nasi liwet di kawasan tersebut yang dikenal luas, adalah Warung Nasi Liwet Wongso Lemu Bu Cipto.

6.Timlo Sastro

Timlo Sastro Timlo Sastro

Timlo Sastro menjual makanan khas Solo, yakni Timlo Solo. Timlo Solo adalah hidangan berkuah bening yang berisi sosis goreng yang dipotong-potong, telur ayam pindang dan irisan hati ampela ayam. Menu ini disantap dengan nasi putih yang ditaburi bawang goreng. Berbeda dengan daerah lain, timlo solo tidak memakai soun dan jamur. Timlo Sastro terletak di sebelah timur Pasar Gede Solo.

7. Sate Buntel Tambak Segaran

Sate Buntel

Sate Buntel Tambak Segaran

Sate Buntel adalah sate kambing khas kota Solo terbuat dari daging kambing yang dicincang halus, diberi bumbu bawang dan merica, kemudian dibuntel (bungkus) dengan lemak kambing. Dimakan bersama kecap, irisan cabe rawit, bawang merah, irisan kol dan tomat. Warung Sate Buntel yang cukup terkenal adalah warung Sate Buntel Tambak Segaran yang ada di jalan Sutan Syahrir.

8. Wedangan

Wedangan Solo Wedangan Solo

Di Kota Solo wedangan adalah salah satu warung kuliner khas yang hampir bisa dijumpai di setiap sudut kota Solo. Wedangan di kota Solo pun ada beragam, mulai dari konsep sederhana yang berada di pinggir jalan dengan harga yang terjangkau, hingga ada yang dikemas dengan konsep cafe yang tentunya harganya cukup mahal. Di Solo wedangan merupakan salah satu tempat bersosialisasi masyarakat Solo. Tidak hanya sebagai tempat berjualan makanan, tapi juga sarana bersantai, bertukar informasi dengan suasana yang khas. Sejumlah wedangan di kota Solo yang patut dikunjungi, Wedangan Panjer Sore, Wedangan Basuki, Wedangan Pak Brewok Manahan, Wedangan Pak Harno Jajar, Wedangan Mbah Wir.

9. Dawet Ayu Pasar Gede

Dawet Ayu Pasar Gede Dawet Ayu Pasar Gede

Dawet Ayu ini adalah salah satu minuman khas Solo. Berbeda dengan dawet lainnya. Dawet ini berasal dari cendol dari tepung beras atau onggok, ketan hitam, dan selasih yang disiram dengan sirup dari gula kelapa yang berwarna bening. Dawet ayu ini bisa dinikmati di dalam Pasar Gede Hardjonagoro.

10. Gempol Pleret

Gempol Pleret Gempol Pleret

Gempol Pleret terbuat dari tepung beras kasar yang dibuat bulatan-bulatan berdiameter sekitar 1,5 cm. Bulatan ini kemudian disiram dengan kuah santan dan gula kelapa. Gempol Pleret bisa dijumpai di depan toko Abon Varia, Coyudan, pasar tradisional dan banyak juga penjaja keliling yang menjual gempol pleret. Gempol Pleret dapat anda jumpai di komplek Pasar Gede atau di kawasan Keraton Kasunanan Surakarta.

3 Comments on 10 Kuliner Solo yang patut diicipi

  1. kangen Solo

    Suka

  2. Nice info..
    Klo boleh sy tambahkan,
    Utk nasi liwet wongso lemu, skr ini kebanyakan yg ke sana hanya turis & pendatang saja. Sedangkan menurut warga solo sendiri nasi liwet wongso lemu itu harganya mahal, atau biasa mereka menyebutnya harga turis. Mereka lebih suka makan nasi liwet di tempat lain yg lebih enak & harganya lbh terjangkau, seperti di lojiwetan, ex pasar ikan hias pasar gede, kratonan utara perempatan gemblegan, dan msh banyak lagi yg lainnya.
    Sedangkan utk sate kambing tambak segaran sdh tdk istimewa lagi. Lokasinya jg skr sdh tidak sebesar & seramai dulu. Kl boleh sy bilang udah gak up to date lagi.. Warga solo lebih suka makan sate kambing di tempat lain, seperti, pak bejo sangkrah, pak jaman laweyan, mas mardi mangkunegaran, dan msh banyak yg lain lagi.. Kebanyakan warung sate kambing yg enak di solo buka dr pagi smp siang / sore saja..
    Itu saja yg perlu sy tambahkan, kl utk kuliner yg lain menurut sy msh istimewa..

    Suka

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: