Tips memilih template/theme

Tips memilih template atau themes blog/website akan sangat berguna bagi Anda yang tidak menguasai teknik atau cara pembuatan template. Terlebih untuk Anda yang baru belajar membuat blog atau website, biasanya para pemula (newbie) lebih memilih mendownload atau membeli theme karya orang lain. Setelah kemarin membahas tips agar template blogger seo friendly google penguin, berikut tips dalam memilih theme/template untuk blog atau website.

  • Warna latar

Kami sangat menyarankan agar memilih template dengan latar berwarna putih dengan teks berwarna hitam, hal ini disarankan agar pengunjung situs merasa nyaman melihat tulisan dalam situs anda. Orang-orang telah terbiasa melihat tulisan dalam kertas berwarna putih dengan tinta warna hitam, karena alasan inilah sebaiknya memilih warna template latar putih dengan tulisan hitam, agar pengunjung merasa telah terbiasa.

  • Lebar halaman

Lebar halaman template dibagi dalam 2 jenis, fluid dan fixed.
– Fixed merupakan lebar halaman mengikuti ukuran dalam px (piksel), misalnya lebar template 1000px sedangkan lebar layar komputer 900px maka kita harus menggeser scrol horizontal untuk melihat seluruh halaman.
– Fluid merupakan lebar template mengikuti persentase lebar layar, contoh jika lebar template 90% maka lebar template akan 90% secara otomatis mengikuti ukuran layar.
Jika situs dibuat untuk pribadi dan diuangkan (monetize) misalnya menggunakan google adsense alangkah baiknya memilih fluid theme, sehingga iklan akan lebih mudah terlihat oleh pengunjung, berapa pun ukuran layar PC pengunjung. Namun jika situs membahas tentang news atau berita terkini yang memerlukan banyak space untuk menampilkan banyak berita di halaman depan situs, fixed theme bisa dijadikan pilihan.

  • Banyaknya coloums (kolom) atau sidebar

Sama halnya dengan pemilihan lebar theme/template banyaknya kolom atau sidebar juga sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan. Banyak blogger yang menguangkan situs mereka dengan memasang google adsense atau amazon affiliate lebih memilih theme dengan satu atau 2 kolom agar iklan lebih mudah terlihat. Namun jika situs mengharuskan memiliki banyak fitur, theme dengan 3 sampai 4 coloums bisa jadi pilihan. Untuk sidebar kami menyarankan untuk memilih theme yang hanya memiliki 2 sidebar (left right) atau hanya 1 sidebar (right).

  • Berat theme

Maksud dari berat disini adalah lamanya waktu muat halaman, jika ternyata theme membuat situs Anda lama untuk ditampilkan sebaiknya tidak memilih theme seperti ini, hal ini akan membuat pengunjung tidak nyaman, theme yang berat akan membuat biaya akses situs lebih mahal, ini jelas akan dibenci pengunjung, selain itu theme seperti ini juga tidak baik untuk seo. Tipsnya pilihlah theme yang tidak terlalu banyak menggunakan javacript dan tidak memilih theme yang terlalu banyak gambar.

  • Fitur

Untuk blog baru sebaiknya tidaklah memilih template/theme dengan banyaknya fitur, seperti image slider, musik atau video player, dsb hal ini akan membuat situs menjadi lambat, apalagi jika ternyata server situs Anda kurang memadai. Fitur minimalis akan lebih baik untuk blog baru, agar lebih mudah untuk dirayapi mesin pencari sehingga situs akan lebih mudah muncul di mesin pencari seperti google, yahoo, bing, dll.

Itulah beberapa tips dalam memilih theme/template website atau blog. Semoga dapat memberikan sedikit gambaran, dan membuat Anda dapat menentukan pilihan. Tips lainnya akan dibahas pada artikel selanjutnya.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: