Cantiknya Peserta Parade Budaya Surabaya

Sejumlah peserta mengenakan pakaian adat khas Minangkabau ketika mengikuti Parade Budaya dan Pawai Bunga 2014 di Surabaya, Jawa Timur, Minggu (4/5).

SOLORAYA.COM – Kegiatan tahunan Parade Budaya dan Pawai Bunga akan mengawali peringatan Hari Jadi Kota Surabaya (HJKS) ke-721 yang akan digelar pada 4 Mei 2014.

Sekretaris Panitia HJKS ke-721, Yayuk Eko Agustin parade, di Surabaya, Senin, mengatakan dalam peringatan itu, Pemkot Surabaya akan menyajikan beragam acara yang bisa dinikmati warga Surabaya.

“Rangkaian peringantan HJKS akan dimulai dari parade budaya dan pawai bunga yang akan menampilkan budaya-budaya Indonesia,” katanya.

Selain itu, ada juga kegiatan lain yang turut memeriahkan HJKS tahun ini, di antaranya Surabaya Shopping Festival (SSF), Festival Rujak Uleg, Surabaya Fashion Parade, Sparkling Tunjungan, dan masih banyak lagi kegiatan yang menghibur warga Surabaya.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, lanjut dia, parade budaya dan pawai bunga menjadi salah satu event yang selalu ditunggu-tunggu warga Surabaya. Untuk parade ini akan diikuti 74 peserta dan beberapa kota luar Surabaya, seperti Yogyakarta, Bantul, Kalimantan Timur, Kediri, Sampang, Tulungagung, Purwakarta, dan Makasar.

Dalam hal ini, Panitia HJKS ke-721 akan membuat parade budaya dan pawai bunga dengan sedikit kemasan berbeda. Pada tahun sebelumnya, warga yang menyaksikan selalu turun ke badan jalan, sehingga parade tidak bisa dinikmati dengan nyaman.

Peserta mengenakan kostum kreasi ketika mengikuti Parade Budaya dan Pawai Bunga 2014 di Surabaya, Jawa Timur, Minggu (4/5)

“Tahun ini, kita akan mencoba mengatur warga untuk tidak menonton sampai masuk ke badan jalan. Salah satunya yakni akan didirikan tribun di beberapa titik yakni di depan siola, grahadi, dan DPRD Surabaya.

Hal ini dikarenakan setiap tahunnya warga selalu memenuhi badan jalan terutama di titik tersebut. Diharapkan tribun bisa membantu warga untuk tertib. “Parade di Pasadena bisa terlihat megah, karena penontonnya tertib, sehingga semua puas dan nyaman menyaksikan parade,” katanya.

Ia mengatakan pihaknya akan menampilkan parade budaya dan pawai bunga ini semaksimal mungkin, seperti akan menampilkan parade 95 baju etnik dan unik karya siswa Surabaya.

Untuk memberikan apresiasi kepada peserta panitia telah menyiapkan hadiah tunai Rp10 juta kepada 5 penyaji terbaik.

“Kita menghargai peserta yang telah menghabiskan puluhan juta untuk membuat mobil hias. Makanya, kita mencoba berikan hadiah. Walaupun, jumlahnya tidak sesuai dengan yang mereka habiskan,” katanya.

Berikut jadwal kegiatan HJKS ke-721, Surabaya Shoping Festival (SSF) digelar pada 1-31 Mei 2014 berhadiah Rp250 juta dilaksanakan di 16 mal di Surabaya, Surabaya Fashion Parade 1-4 Mei 2014 di Tunjungan Plaza, Parade Budaya dan Pawai Bunga 4 Mei start Tugu Pahlawan finish Taman Surya, Festival Rujak Uleg 18 Mei di Sepanjang Jl. Kembang Jepun.

Pemilihan Cak dan Ning 18 mei di Taman Jayengrono, Sparkling Tunjungan 25 Mei di Jl.Tunjungan, Pasar Malam Toenjungan 1-31 Mei di Pakuwon City, Fun Bike 25 Mei di Taman Surya, Jambore Sepeda Kuno 30-31 Mei dan 1 Juni 2014 di Taman Hiburan Rakyat. UKM Award 21 Mei di Gramedia Expo dan Surabaya Great Expo 28 Mei–1 Juni 2014 di Convention Hall Grand City.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: