Sungai Pekalen Probolinggo: Arena arung jeram nan menantang

Pekalen Probolinggo: Arena arung jeram nan menantang – Artikel ini memberikan gambaran umum obyek wisata Sungai Pekalen di Probolinggo Jawa Timur, hotel dan penginapan terdekat, aktivitas olahraga ekstrem arung jeram yang terkenal menantang di lokasi itu, tempat belanja, tempat kuliner, tips perjalanan selama berada di Probolinggo pada umumnya dan di obyek wisata di kota itu pada khususnya.

Tempat usaha Anda belum tercatat di web ini? Hubungi kami di sini.

Gambaran umum

Lupakan sejenak berbelanja di pertokoan mewah atau menikmati makanan enak di restoran ternama. Ini saatnya Anda mencicipi ketegangan yang memuaskan di Sungai Pekalen. Ketika melintasi jeram, berteriaklah dengan keras sepuasnya karena itu adalah sah-sah saja. Hal ini bisa jadi kegiatan paling tepat untuk melepaskan diri dari semua masalah yang membebani pikiran Anda. Adrenalin Anda akan dipacu dan berpadu kekaguman hati pada keindahan alam Probolinggo yang memukau.

Keindahan alam Probolinggo
Keindahan alam Probolinggo

Sungai Pekalen terletak di Desa Ranu Gedang, Kecamatan Tiris, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. Dinamakan Desa Ranu Gedang, karena di desa ini banyak terdapat pohon pisang yang dalam bahasa Jawa pisang disebut gedang. Di tempat inilah Anda dapat menjajal ketegangan arung jeram membelah arus air, pepohonan, hingga air terjunnya yang menawan

Keindahan Probolinggo menurut cerita rakyat setempat telah melenakan Raja Majapahit Hayam Wuruk dan Maha Patih Gajah Mada. Keduanya terpesona keindahan alam Probolinggo dan betah berlama-lama di tempat ini. Bisa jadi istilah ‘probolinggo’ berasal dari kata ‘prabu linggih’ yang kemudian lambat laun mengalami perubahan lafal menjadi ‘probolinggo’.

Olahraga arung jeram sendiri populer di Indonesia sejak tahun 90-an. Sebelumnya lebih banyak dilakukan para pencinta alam sehingga menampilkan kesan bahwa arung jeram hanya bisa dilakukan orang yang sudah ahli atau berpengalaman. Akan tetapi, pada dasarnya olahraga arung jeram bisa dilakukan siapa saja, tentunya dengan persyaratan keselamatan.

Kegiatan Arung jeram sangat menggairahkan, mengasyikkan, sedikit liar, tetapi sangat memuaskan. Seperti pada kegiatan petualangan lainnya, arung jeram tetap memiliki resiko dan bahaya. Namun resiko tersebut justru menambah semangat dan menjadi pengalaman yang sangat memuaskan. Perlu Anda ketahui bahwa seorang pemandu arung jeram (skipper) atau kadang disebut capten sangat berpengalaman untuk meminimalisasi resiko dan bahaya. Saat beratraksi maka Anda akan selalu mengenakan pelampung (life jacket) dengan daya apung tinggi. Pelampung ini akan tetap menjaga Anda berada di atas permukaan air, bahkan pada saat anda terlempar dari perahu dan tercebur ke sungai.  Perahu karet yang dipakai adalah jenis inflatable raft yang memang diperuntukkan melewati jeram dengan aman karena berisi udara yang dapat meredam benturan antara badan perahu dengan bebatuan jeram.

Apabila Anda tidak bisa berenang maka tidak perlu khawatir. Karena banyak orang yang tidak dapat berenang justru mengikuti kegiatan arung jeram dan mereka sangat menikmatinya. Penting diketahui bahwa Anda tidak panik saat terlempar dari perahu dan tercebur ke sungai.

Sungai Pekalen, terletak 25 km dari kota Probolinggo tepatnya terbentang di antara tiga kecamatan yaitu kecamatan Tiris, Maron, dan Gading. Jalur sungai yang bisa diarungi berjarak 29 km yang terbagi atas 3 area.  Sungai Pekalen bersumber dari mata air Gunung Argopuro dan Gunung Lamongan dengan lebar sungai rata-rata 5-20 meter, memiliki tingkat kesulitan (gradeatau class) 2 hingga 3+ dan kedalaman air kurang lebih 1-3 meter. Jarak pengarungan dari start hingga finish untuk jalur Sungai Pekalen Bawah sepanjang 9 km, dan 12 kilometer untuk jalur Sungai Pekalen Atas dengan jumlah jeram masing-masing sekitar 50 buah.

Sungai Pekalen Atas berjarak 12 km, Sungai Pekalen Tengah berjarak 7 km, dan Sungai Pekalen Bawah berjarak 10 km. Sebagai awal, Anda dapat mulai pada sungai dengan tingkat kesulitan class 2 atau class 3. Jika merasa yakin dengan kemampuan yang Anda miliki, sehat dan haus tantangan maka mengapa tidak mencoba sungai dengan tingkat kesulitan class 4, meskipun belum memiliki pengalaman sebelumnya. Hal itu karena pemandu akan melatih Anda terlebih dahulu dan menjelaskan bagaimana cara penyelamatan di sungai serta teknik mendayungnya. Sedangkan untuk sungai dengan class 5, Anda harus memiliki pengalaman pengarungan sungai dengan tingkat kesulitan class 4 sebelumnya.

Beli apa di Probolinggo?

Tas mode produk pengrajin Kota Probolinggo sangat cantik dan cocok untuk dipakai dalam segala acara. Harganya pun terjangkau bagi remaja putri dan ibu-ibu yang ingin tampil beda. Tas cantik ini dapat Anda pesan sesuai dengan selera di Handycraft Incoming Collection di Jalan Lumajang Gg. Melati 69 Probolinggo (0335-423852; 0335-7608023)

Baca juga  Surga Tersembunyi Di Lampung, Teluk Kiluan Yang Wajib Dikunjungi

Bagi anda pecinta keramik dan ingin memiliki ragam yang berbeda dapat ditemui di kedai keramik lingkungan Kanigaran dan Mayangan. Desain keramik yang apik dan unik mempunyai ciri khas tersendiri dengan mengusung motif nuansa alam yang dibentuk gaya kontemporer membuat produk keramik ini berbeda. Anda dapat berkujung ke Keramik Kinasih di Jalan Cangkring Probolinggo (085850227961) juga di Jawa Keramik, Jalan Raden Intan Probolinggo (085230029926).

Di tangan pengolah hasil laut asal Kecamatan Mayangan Kota Probolinggo, hasil tangkapan ikan diolah menjadi beraneka produk olahan khas. Ikan kering, kerupuk jenggelek, kerupuk ikan tengiri dan kerupuk rajungan menjadi camilan yang nikmat sebagai teman makan dan santai. Limbah kulit dan tulang ikan punti dapat diolah oleh tangan-tangan terampil pengrajin menjadi rambak ikan punti dan rempeyek tulang ikan yang tak kalah lezatnya sebagai makanan khas Probolinggo. Anda dapat menemukannya di Krupuk Tengiri Jl. KH. Mansyur Probolinggo (0335-7603535) dan di Camilan Tonali Jl. Bengawan Solo (081358 970 254).

Aktivitas

Berarung jeram di Sungai Pekalen begitu menyenangkan. Dijamin rasa penat Anda pun akan hilang begitu melihat keindahan dan merasakan serunya berarung jeram. Berarung jeram dapat  meningkatkan kapasitas jantung dan paru-paru, kekuatan dan daya tahan otot, serta fleksibilitas sendi bahu dan pinggang. Seperti olah raga aktif lainnya, dengan arung jeram maka tubuh Anda bisa merasa lebih bugar dan adrenalin benar-benar terpuaskan dalam suasana kekompakan tim yang menyenangkan sekaligus menegangkan.

Arung Jeram Probolinggo
Arung Jeram Probolinggo
Berrung jeram di tengah keindahan alam
arung-jeram-probolinggo-11
Rekreasi ekstrem arung jeram

songarafting

Sebelum kegiatan dimulai maka Anda dan tim akan dipandu pimpinan perjalanan atau trip leader untuk menaiki kendaraan yang telah disiapkan menuju titik startpengarungan. Saat menuju ke lokasi start, trip leader akan menjelaskan beberapa informasi penting selama 20 menit tentang keselamatan saat berarung jeram. Selanjutnya Anda akan menuju perahu yang memuat 6-8 orang dan seorang pemandu arung jeram (skipper). Pemandu yang menyertai tersebut akan memberikan instruksi lanjutan tentang cara memegang dayung dan menggunakannya saat pengarungan, juga bagaimana mengikuti perintah yang diberikan. Selanjutnya nikmatilah petualangan yang menegangkan sekaligus menyenangkan dari titik start sampai titik finish-nya.

Jarak pengarungan dari start hingga finish sekitar 12 km selama 3,5 jam dengan tingkat kesulitan arung jeram grade atau class 2 sampai 3+. Jumlah jeram sekitar 50 buah seperti WelcomeBatu JenggotPandawa, Rajawali, Xtravaganza, KPLA, Tripple Ace, The Fly Matador, Hiu, Cucak Rowo, Long Rapid, Good Bye. Ada yang unik yaitu “Jeram Inul”, dimana untuk melewati jeram itu, Anda harus bergoyang bak Inul. Di sinilah Anda akan merasakan petualangan yang menegangkan sekaligus memuaskan. Karakteristik sungai Pekalen berbelok dan bertebing, memiliki panorama alam yang indah, puluhan jeram yang menantang, kemegahan air terjun, dan kemolekan gua-gua kelelawar. Bahkan masih ditemuinya beberapa satwa langka seperti burung elang, burung kepodang, monyet, biawak, linsang, dan tupai.

Dalam kegiatan arung jeram selalu menggunakan dayung. Ini artinya Anda akan memegang dayung dan melakukan pendayungan saat berada di atas perahu. Mendayung dapat menyebabkan kelelahan, tetapi pemandu akan memberikan instruksi pada anda teknik mendayung. Sehingga tidak selamanya saat Anda berada di atas perahu akan melakukan pendayungan.

Apabila Anda terlempar dari perahu maka tetaplah tenang. Percaya atau tidak, banyak orang yang menyukai saat terlempar keluar dari perahu! Ini sangat mengasyikkan. Pada awalnya memang dapat menyebabkan sedikit kewalahan dengan perubahan arah. Beberapa orang hanya berenang pada pengarungan pertama mereka karena tidak mampu naik kembali keatas perahu atau karena tertinggal jauh dari perahu yang melemparkannya. Ini adalah bagian dari sebuah kegiatan arung jeram.

Selama perjalanan mengarungi sungai Anda akan disuguhi keindahan 7 air terjun dan goa-goa kelelawar yang sesekali memekik beterbangan. Amatilah bagaimana struktur batuan alami dan airnya masih begitu jernih dan segar. Trip leader akan memberhentikan perjalanan tepat di bawah derasnya guyuran air terjun. Dijamin Anda akan langsung dapat merasakan segar dan derasnya guyuran airnya. Terdapat pula tempat untuk terjun bebas dari ketinggian sekitar 5 meter. Tempat yang pas untuk melepaskan ketegangan. Bagaimana beranikah Anda?

Untuk kembali ke basecamp Anda akan menyusuri jalan setapak dan dinaikkan lagi ke mobil pengantar. Sesampainya di basecamp Anda dapat segera membersihkan badan dan berganti pakaian. Sesudah itu semua, sajian yang menggoda selera tersedia seperti tempe, tahu, ikan penyet, urap-urapan, dan lodeh siap mengenyangkan perut Anda setelah energinya terkuras selama berarung jeram.

Baca juga  Wisata Mahal Sepur Kluthuk Jaladara

Paket arung jeram reguler di Pekalen Atas sejauh 12 km berkisar Rp219.000,00 untuk minimal 5 orang. Fasilitas yang termasuk di dalamnya adalah asuransi, welcome drink, peralatan standart rafting, air mineral bekal pengarungan, transportasi, guide dan rescue teamsnack dan beverage, dan makan siang.

Paket arung jeram reguler di Pekalen bawah sejauh 10 km berkisar Rp. 189.000 min 5 org. Fasilitas yang termasuk di dalamnya adalah welcome drink, peralatan standart, air mineral bekal pengarungan, transportasi local, guide dan rescue teamsnack dan kelapa muda, makan siang, dan asuransi.

Beberapa operator arung jeram di Pekalen menawarkan paket arung jeram keluarga, dimana anda dapat membawa serta Anak Anda walau masih berumur 6 tahun. Setiap sungai yang dikelola secara komersil oleh operator arung jeram memiliki paket-paket dengan batas minimal umur peserta kegiatan, seperti 6 tahun, 10 tahun atau 14 tahun. Pihak operator arung jeram yang menawarkan paket keluarga tersebut dapat Anda konfirmasi tentang umur minimal peserta yang boleh mengikuti kegiatan tersebut.

Selain arung jeram Anda juga dapat mencoba kegiatan outbound training untuk meningkatkan motivasi, keberanian, percaya diri, berfikir kreatif, memiliki rasa kebersamaan, tanggung jawab, kooperatif, rasa saling percaya, dan lain-lain.

Tips rkreasi arung jeram Sunga Pekalen

Anda tentunya harus memiliki kondisi yang sehat dan fit saat mengikuti kegiatan arung jeram. Jika Anda merasa ragu dengan kemampuan mengikuti kegiatan arung jeram atau kesehatan tidak mendukung maka sebaiknya cek kesehatan terlebih dahulu sebelum mengikuti kegiatan ini.

Saat Anda memulai pengarungan maka akan diberikan instruksi apa yang harus dilakukan jika Anda terlempar keluar dari perahu dan bagaimana berusaha agar tetap aman. Ikuti semua instruksi pemandu dan jika Anda tetap terlempar keluar perahu maka  tenanglah dan berenang akan lebih mengasyikan dalam pengarungan tersebut.

Tidak dianjurkan untuk membawa video rekam atau kamera saat pengarungan. Karena akan mudah rusak bila terkena air, kecuali jika Anda memiliki kamera khusus untuk kegiatan outdoor yang anti air. Pengelola arung jeram biasanya menyiapkan tenaga photographeryang akan mengabadikan kegiatan pangarungan Anda, selanjutnya dapat dilihat atau dipesan setelah selesai pengarungan.

Anda yang tidak dapat berenang tidak dianjurkan mengikuti kegiatan arung jeram pada sungai yang memiliki tingkat kesulitan class 4 atau class 5, cukuplah menikmati jeram dengan mengenakan pelampung pada sungai dengan tingkat kesulitan class 2 dan class 3.

Untuk Anda yang berkacamata, disarankan untuk memberikan pengait tali pada kacamata agar tidak terlepas.

Saat Anda menggunakan krim tabir surya (sunscreen) maka jangan gunakan di kening karena saat terkena air akan berbahaya bila terkena mata. Jangan juga menggunakannya pada kaki bagian belakang, hal ini dapat menyebabkan terpeleset.

Tidak dianjurkan mengenakan sandal karena tidak memberikan proteksi bahkan sedikit menyulitkan bila dipakai berenang. Kenakanlah sepatu olahraga atau sepatu jogging atau bila Anda memiliki sepatu khusus untuk kegiatan arung jeram akan lebih baik lagi.

Dianjurkan pula untuk mengenakan pakaian dari bahan synthetic fleece, polypro, capilene atau wool pada bagian dalamnya. Jangan mengenakan pakaian dari bahan katun karena akan membuat Anda kedinginan saat basah.

Saat cuaca panas dengan suhu air dingin disarankan mengenakan wet suit. Sementara saat cuaca dingin dan suhu air dingin pada sungai class 5 kenakan wet suit dikombinasi dengan jaket khusus. Apabila cuaca hangat dan suhu air yang tidak terlalu dingin sebaiknya kenakan pakaian olahraga dan t-shirt saja.

Hotel dan penginapan

Penginapan Cottage Kamboja Songa dapat menjadi pilihan Anda seharga Rp50.000,00/orang dengan fasilitas penginapan berbentuk gazebo serta menyediakan makan pagi.

Beberapa hotel di Probolinggo yang dapat Anda jadikan referensi.

Hotel Bromo View
Jl Bromo Km 5
PROBOLINGGO
(0335) 427222

Hotel Ratna 
Jl Raya Panglima Sudirman 16
PROBOLINGGO
(0335) 427886

Hotel Paramita
Jl Siaman 7
PROBOLINGGO
(0335) 421535

Hotel Bromo Permai
Jl Raya Panglima Sudirman 237
PROBOLINGGO
(0335) 427451

Hotel Tampiarto
Jl Suroyo 15
PROBOLINGGO
(0335) 421288

Hotel Tentrem
Jl Raya Panglima Sudirman 15
PROBOLINGGO
(0335) 421049

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here