Cara mengubah gambar icon cursor pada blog

Cara merubah cursor icon di blog sebenarnya sangat mudah. Pasti di antara teman-teman banyak yang sudah tahu caranya, namun jika ada yang belum tahu caranya dan ingin mengetahui caranya, saya akan memberikan cara merubah cursor icon di blog untuk anda.

Sebelum menjelaskan cara merubah cursor icon, sebaiknya saya jelaskan dahulu apa itu cursor icon. Cursor icon (ikon kursor) merupakan icon (gambar) dilayar komputer, PC, Laptop, dll untuk menujukan bagian dari halaman situs web atau blog yang dapat digerakan menggunakan mouse. Secara default gambar cursor adalah tanda panah dan gambar telunjuk saat kursor berada diatas link.

Bagi teman-teman pembaca blog soloraya.com yang suka akan desain dan jika mengingikan sesuatu yang beda dan unik, mungkin akan sangat menyukai tips ini, dan berikut cara mengubah cursor icon di blog.

1. Silahkan copy script css berikut :

<style type=”text/css”>
body {cursor:url(Masukan url atau alamat gambar disini),default}
</style>

2. Ganti tulisan berwarna biru dengan url/alamat gambar cursor, contoh :

<style type="text/css">
body {cursor:url(http://lh3.ggpht.com/_QwvI2Zom950/S9fhj7uMnfI/AAAAAAAAAjA/Zb2C-f43HC0/s128/Teori%20Ngeblog%20CURSOR%201.gif),default}
</style>

3. Paste script tersebut di tempat Anda dapat menyimpan script css. Misalnya untuk pengguna wordpress, pilih menu appearance » widgets » kemudian tambahkan (paste) script pada widget text. Untuk pengguna blogger atau blogspot bisa dengan edit template atau dengan klik menu “tata letak” di dasbor blogger.com kemudian klik tambah gadget » html/javascript, paste kode kemudian simpan. Selesai…

Intinya Anda hanya perlu menambahkan sedikit script css, dan meletakannya di tempat Anda dapat menyimpan script css (di website atau blog). Untuk mencari berbagai gambar cursor icon bisa dicari di http://www.cursorwiz.com, atau silahkan membuat cursor icon sendiri.

Pilihan lain (optional):
1. Script diatas hanya mampu merubah icon tanda panah, namun ketika kursor berada di atas link, gambarnya akan tetap gambar telunjuk, untuk merubah gambar telunjuk menjadi gambar sesuai keinginan, tambahkan script menjadi seperti berikut :

2. Perhatikan tulisan berwarna biru dan hijau,
Biru : link gambar untuk merubah gambar cursor default, atau mengganti gambar panah.
Hijau : link gambar untuk mengganti gambar telunjuk saat cursor berada diatas link.
Silahkan ganti link tersebut dengan link gambar milik kamu. Untuk ifo lebih lengkapnya silahkan pelajari di http://www.javascriptkit.com/dhtmltutors/csscursors.shtml, juga pelajari css untuk perubahan elementnya.

Itulah cara merubah cursor icon di blog, silahkan baca tips lainnya di blog ini. Terima kasih telah membaca cara mengubah cursor icon di blog.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: