Cara agar blog mudah ditemukan di Google

Cara masuk halaman 1 google search engine pada dasarnya hanya pihak google saja yang tahu. Google mempunyai algoritma (rumus) untuk mengatur posisi atau ranking di hasil pencarian mereka. Namun kini telah banyak pakar seo (orang yang ahli di bidang optimasi mesin pencari) memaparkan cara untuk mendapatkan posisi pertama di hasil pencarian google, cara-cara tersebut muncul berdasarkan riset, pengalaman, pengetahuan, dan hal-hal lainnya yang telah mereka ketahui untuk dapat menempati posisi satu google search.

Dari banyaknya cara atau teknik untuk mendapatkan posisi halaman pertama terlebih menempati posisi satu di halaman pertama google, ada beberapa faktor penting untuk diketahui. Saya hanya akan mejelaskan beberapa hal pentingnya saja, selebihnya Anda bisa eksplorasi sendiri. Berikut cara masuk halaman pertama google search engine.

1. Nama situs.
Faktor pertama adalah nama situs website atau blog. Perlu diingat nama situs web atau blog yang baik adalah nama yang mampu menggambarkan kesuluruhan isi dalam situs tersebut. Selain itu pilihlah nama situs yang mudah diingat, pendek namun dapat medeskripsikan seluruh isi dalam situs web atau blog.

2. Isi dan judul halaman.
Judul halaman harus dapat menggambarkan atau menceritakan seluruh isi halaman, pemilihan judul artikel diusahakan jangan lebih dari 70 karakter, karena jika judul halaman atau artikel lebih dari 70 karakter judul tersebut akan terpotong, google hanya akan menampilkan judul maksimal 70 karakter/huruf. Isi blog haruslah hasil karya sendiri (original), unik, dan berkualitas. Usahakan untuk menulis artikel lebih dari 500 kata.

3. Keyword (kata kunci).
Jika Anda menginginkan situs Anda muncul di search engine google dengan kata kunci mobil mewah (orang mengetikan kata mobil mewah di google), tentu saja Anda harus mempunyai halaman atau artikel tentang mobil mewah di situs anda. Untuk memperkuat kata kunci berikan tag atau attribute html misalnya menggunakan tag untuk mempertebal kata, membuat garis miring, membuat garis bawah, dll, setiap Anda mengulang kata kunci ketika menulis artikel/konten. Misalnya ketika Anda membuat artikel tentang mobil mewah, setiap kali menuliskan kata mobil mewah Anda memberikan tag <strong>, contoh : <strong>mobil mewah</strong>. Perlu diingat, jangan terlalu sering mengulang kata kunci, maksimal pengulangan kata kunci 3% dari jumlah kata dalam satu halaman artikel.

4. Daftar ke google webmasters.
Faktor penting lainnya dalam mendapatkan posisi satu di search engine google adalah mendaftarkan situs web ke google webmasters, mendaftrakan situs ke google webmasters merupakan hal mendasar namun penting agar situs dapat ditampilkan dalam pencarian google. Dengan daftar di google webmasters Anda juga dapat mengatur halaman mana yang boleh ditampilkan dan tidak boleh ditampilkan dalam hasil pencarian google.

5. Meta title dan meta deskripsi.
Meta tag berfungsi untuk menyampaikan informasi kepada search engine. Contohnya meta tag title berfungsi untuk memberitahukan search egnine tentang judul suatu halaman di situs web/blog. Meta tag ini akan digunakan search engine untuk menampilkan judul halaman di hasil pencarian mereka. Jadi disarankan untuk membuat meta tag judul dan deskripsi setiap membuat konten situs web/blog. Usahkan untuk membuat meta title tidak lebih dari 70 karakter dan meta deskripsi tidak lebih dari 160 karakter.

6. Backlink.
Salah satu faktor terpenting lainnya untuk mendapatkan posisi satu di search engine google adalah backlink. Google mempercayai kalau backlink merupakan sebuah dukungan untuk sebuah situs web. Jika halaman situs Anda mendapatkan backlink misalnya dari wikipedia, maka google percaya wikipedia telah memberikan dukungan kepada halaman tersebut, dan ini akan sangat membantu untuk meningkatkan posisi dalam hasil pencarian. Disarankan untuk mendapatkan backlink berkualitas bersifat dofollow.

Dari serangkaian cara diatas ada beberapa faktor lain yang dapat mempengaruhi posisi situs web/blog Anda di mesin pencari seperti kekuatan seo kompetitor, jumlah kompetitor, dan faktor-faktor eksternal lainnya. Intinya untuk mendapatkan posisi satu di search engine google Anda hanya perlu melakukan kelima cara diatas selebihnya tinggal Anda eksplorasi sendiri untuk mendapatkan hasil lebih maksimal. Baca artikel tentang seo di blog ini dan selalu pelajari seo untuk lebih meningkatkan peringkat situs web/blog Anda di google.

3 Comments on Cara agar blog mudah ditemukan di Google

  1. Makasi gan infonya sangat bermamfaat

    Suka

  2. Makasih gan Beritane atas infonya 🙂

    Suka

  3. Utk memverifikasi blog ke google. Harusnya mbah google mngerti kalo mendaftarkn alamat blog kegoogle itu sdh cukup,ngapain lg di verfikasi lg, harusnya google bisa meng cek sendiri alamat blog tsb & itu bisa diketahui isi blog tsb & sdh pasti manusia punya kerjaan tdk mungkin robot dkk

    Suka

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: