Tips pemasaran melalui sosial media

Indonesia merupakan salah satu negara dengan pengguna situs jejaring sosial terbanyak di dunia, sebut saja twitter, youtube, facebook bahkan aplikasi messenger seperti BBM dan whatsapp banyak digunakan oleh orang Indonesia, hingga tak heran jika akhirnya situs atau apllikasi sosial media tersebut menjadi salah satu lahan bisnis bagi pemillik usaha. Kali ini saya akan membahas  tentang tips promosi atau pemasaran melalui media sosial.

Social media marketing bisa mencakup promosi website, membuat pencitraan atau pencarian nama baik untuk personal maupun perusahaan, juga untuk pemasaran produk atau jasa, dll. Pemasaran melalui social media hanya membutuhkan sedikit biaya, selain itu sangat minim resiko. Besar kecilnya dampak dari prromosi melalui media sosial tergantung dari strategi dari pelaku bisnis itu sendiri, untuk memaksimal pemasaran melalui social media, berikut tips berpromosi melalui social media :

1. Perbanyak teman.
Hal paling utama dan terpeting dalam pemasaran produk melalui social media, terutama di situs seperti facebook, twitter, google+, blogger, youtube dll adalah dengan memperbanyak teman atau relasi. Selain dengan memperbanyak teman dalam situs jejaring sosial seperti facebook, twitter, atau google+ kita bisa membuat fans page agar koneksi Anda dengan pengguna lain (di situs social media yang sama) tidak terbatas jumlahnya. Jika kita menggunakan social media bersifat forum, wiki, atau blog kita dapat berkomunikasi dengan orang lain tanpa harus adanya pertemanan, untuk mengikat komunikasi dengan para pengunjung web kita bisa menyediakan layanan membership.

2. Konten yang unik.
Buatlah konten unik dan menarik saat berpromosi melalui situs social media dan tidak meniru cara  promosi orang lain, kita bisa menggunakan gambar-gambar lucu, video, artikel yang menarik, dll. Anda mungkin tahu ada banyak artis luar dan dalam negeri mendadak terkenal melalui situs sosial media (youtube), situs sosial media tersebut tidak akan terlalu membantu jika tidak mempunyai hal atau sesuatu yang unik didalamnya, jadi buatlah hal-hal yang dapat menarik perhatian. Begitupun saat memasarkan sebuah produk atau jasa, buatlah tulisan semenarik mungkin, agar orang lain tertarik terhadap produk atau jasa anda.

3. Tentukan sasaran.
Bangunlah komunikasi khusus secara personal dengan para calon klien, sehingga Anda dapat menentukan siapa saja target promosi anda. Dengan mengetahui target promosi dengan benar, promosi Anda tidak akan dianggap “sampah”. Karena hanya akan membuang-buang waktu jika Anda berpromosi kepada semua orang di sosial media, promosikanlah produk atau jasa Anda kepada orang-orang yang tepat, orang-orang yang sekiranya akan tertarik dengan sesuatu yang Anda tawarkan. Dengan demikian klien Anda pun akan merasa lebih dihargai.

4. Pasang iklan.
Untuk membantu pemasaran di social media, kita bisa menggunakan layanan pasang iklan. Biasanya situs social media, menyediakan layanan untuk pemasangan iklan. Dengan memasang iklan di situs social media ini akan lebih membantu promosi dan dapat menjangkau lebih banyak orang. Situs jejaring sosial seperti facebook kini lebih pintar dalam penempatan iklan, mereka hanya akan menampilkan iklan Anda kepada orang-orang yang mungkin tertarik dengan apa yang Anda tawarkan, ini akan sangat menguntungkan bagi para pemasang iklan. Facebook mensorting munculnya iklan berdasarkan profile, status, kesukaan dan hal lainnya dari pengguna, sehingga iklan akan tertuju kepada orang yang tepat.

5. Analisa.
Buatlah pembukuan untuk mengalisa perkembangan promosi anda. Dengan selalu menganalisa, kita akan mempunyai data untuk lebih meningkatkan penghasilan, selain itu kita akan mengetahui dengan bagaimana dan kapan penghasilan Anda meningkat atau menurun. Lakukanlah beberapa percobaan dalam teknik pemasaran untuk meningkatkan pendapatan, misalnya dengan membuat penawaran khusus (diskon), memberikan reward, mencari refferral untuk membantu meningkatkan penghasilan, dll.

Itulah tips dan strategi pemasaran melalui social media yang dapat saya tulis untuk kali ini. Jangan lupa untuk membaca tips promosi melalui youtube, artikel pemasaran di sosial media yang lebih spesifik karena hanya membahas pemasaran melalui youtube.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: