Cara agar blog memiliki banyak pengunjung

Berikut cara agar web atau blog memiliki banyak pengunjung. Apapun tujuan Anda memiliki sebuah web, akan sangat menyenangkan jika web tersebut memiliki jumlah pengunjung yang melimpah. Dengan banyaknya pengunjung yang datang ke web, promosi atau share yang kita lakukan tidak akan menjadi

sia-sia. Jika Anda menginginkan memiliki web atau blog dengan jumlah pengunjung yang banyak, berikut sedikit tips dari saya untuk anda. Disini saya bagi dalam beberapa cara, kita bisa melakukan semua cara tersebut atau hanya fokus di salah satu cara saja, walaupun hanya memilih satu cara jika fokus pasti pengunjung blog akan melimpah. Berikut cara agar blog memiliki banyak pengunjung :

Update blog secara berkala
Selalu melakukan update adalah hal paling utama, pengunjung menyenangi blog yang diupdate secara berkala, apalagi jika pengunjung telah mengetahui jadwal kita dalam mengupdate blog. Ketika pengunjung menyukai sebuah konten di blog anda, ia akan mencari konten-konten lainnya dalam blog tersebut, dan ia akan menunggu update terbaru dari blog tersebut, jadi pastikan untuk terus melakukan update terhadap blog yang dikelola.

Membuat konten yang original
Salah satu hal yang menyebabkan pengunjung tidak menyukai sebuah blog adalah ketika pengunjung melihat konten yang sama persis dengan blog lain. Pastikan, selalu membuat konten yang fresh dan original. Boleh mencari inspirasi atau referensi dari blog lain, tapi jangan mencuri atau menjiplak secara utuh isi dari blog tersebut.

Optimalkan seo
Seo atau Search engine optimization adalah salah cara terbaik dalam mendatangkan pengunjung ke blog. Pengguna internet tidak mungkin bisa menghapal semua blog atau web yang ada di internet, mereka akan mencari situs web/blog yang mereka inginkan dengan mencarinya menggunakan mesin pencari seperti google, yahoo, dll, untuk itu sangat penting bagi pemilik blog untuk mengetahui teknik seo agar blog selalu muncul di google dan mesin pencari lainnya. Klik menu SEO dibagian atas halaman blog ini untuk mendapatkan tips-tips SEO.

Promosi
Promosi bisa dilakukan dengan berbagai cara, berikut diantaranya :
a. Social media
Manfaatkan sosial media seperti facebook, twitter, google+, dll. Caranya bisa dengan membuat pages di sosial media atau menshare setiap konten di blog ke sosial media. Submit juga konten-konten di blog ke sosial media seperti lintas.me, infogue, dan sosial bookmark lainnya.

b. Berkunjung ke blog lain
Berkunjung ke blog lain juga bisa menjadi jalan untuk mendatangkan banyak pengunjung, apalagi jika Anda bisa membuat konten di blog tersebut, atau meninggalkan komentar berisi alamat blog Anda sehingga pengunjung blog tersebut pun akan mengetahui blog anda.

c. Aktif di forum
Aktiflah di forum, isi profile forum dan sertakan link menuju blog atau buat signature forum menuju blog.

d. Promosi offline
Lakukan promosi offline, misalnya membuat kartu nama Anda dan menyertakan alamat situs (blog).

e. Beriklan offline dan online
Beriklan bisa dengan dua cara, online dan offline. Cara online misalnya dengan beriklan menggunakan google adwords atau beriklan di situs lainnya. Cara offline bisa dengan memasang iklan di koran, radio, televisi, dll.

f. Email marketing
Email marketing bisa dengan menggunakan layanan vertical response, dll. Jangan lupa saat Anda menulis email kepada siapa saja untuk selalu menyertakan tanda tangan (signature) dibawah isi email menggunakan alamat blog.

Daftarkan ke directory
Cara lain agar blog terkenal dan mempunyai banyak pengunjung adalah dengan cara mendaftarkan blog ke directory blog, seperti Dmoz, yahoo directory, alexa, dll.

Konsisten
Cara yang lain yang saya sarankan agar blog memiliki banyak pengunjung adalah “konsisten”, konsisten dalam membuat konten original, konsisten dalam jadwal pembuatan konten, dll. Selain itu blog yang baik biasanya selalu konsisten dalam satu tema. Blog yang hanya memiliki satu tema apalagi temanya sangat khusus, biasanya akan memiliki pengunjung segmented yang loyal terhadap blog tersebut. Misalnya ketika Anda membuat sebuah blog dengan tema masakan sunda, ketika ada pengunjung ke blog dan ia tahu blog Anda hanya membahas masakan sunda, ia akan langsung mengunjungi blog Anda ketika ia akan mencari informasi tentang masakan sunda.

Iulah beberapa tips dan cara agar blog Anda memiliki banyak pengunjung. Perlj diingat, dalam melakukan promosi, lakukan promosi secara wajar dan jangan berlebihan. Promosi secara berlebihan hanya akan membuat Anda dicap sebagai spammer dan segala promosi Anda dianggap sebagai sampah.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: