Tiga Motor Bikinan Pabrik Sport Car Caterham

Nama Caterham identik dengan produk mobil sport berpenampilan lawas, namun dengan rencananya mengikuti ajang balap motor, Moto2 tahun depan membuat pabrikan asal Inggris ini menjajal kemampuannya membuat motor.

caterham_2 caterham_1

Tak tanggung, tiga motor sekaligus ditampilkan Caterham di ajang EICMA 2013 yang digelar di Kota Milan, Italia. Diantaranya dua motor elektrik, Classic E-Bike, Carbon E-Bike dan motor berpenggerak mesin bakar konvensional berjuluk Brutus 750.

Pada varian Classic E-Bike dirancang berkesan retro seperti namanya. Motor ini memiliki sasis oval dengan tangki menggantung seperti desain motor era 1920-an. Suspensi depannya mengandalkan per springer dan jok mini persis sepeda kayuh. Semakin klasik, terdapat pedal kayuh yang membuatnya juga dapat berfungsi layaknya sepeda konvensional.

Eits, meski judulnya Classic E-Bike tapi nggak harus semuanya kuno lho. Tengok saja rem cakram di roda depannya yang mewakili teknologi motor modern ikut tersemat di sini.

Kendaraan selanjutnya adalah Carbon E-Bike yang diklaim terinspirasi oleh teknologi mobil Formula 1 tim Caterham. Motor listrik ini berpenampilan lebih sporti dengan dukungan sasis kokoh dan suspensi belakang monoshock layaknya sepeda downhill. Uniknya, suspensi bagian depan Carbon E-Bike terlihat besar dengan cangkang karbon.

Terakhir, ada motor Brutus 750 yang diakui sebagai ‘SUV Dua Roda’. Maksudnya, motor yang didesain mantan desainer Lambretta dan Italjet, Alessandro Tartarini ini mampu melaju di medan berat sekalipun layaknya mobil SUV.

Hal ini tampak dari penggunaan ban knobby besar dari Maxxis dan spakbor belakang layaknya motocross. Tak ketinggalan, nuansa kokoh terlihat juga dari aplikasi sasis besar di bagian atas mesin. Tampilan ini malah mengingatkan kita akan motor pantai seperti Yamaha TW200 atau Suzuki Van Van.

Rencananya, Caterham akan memproduksi Brutus 750 tahun depan. Sedangkan dua motor listriknya akan menyusul setahun kemudian.

otomotifnet.com

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: