Cara Menambah Tinggi Badan

Cara Menambah Tinggi Badan

Kurang PD karena terlihat pendek di antara teman-teman kamu? apa saja yang telah kamu lakukan untuk menjadi tinggi? sebelum kita bahas cara menambah tinggi badan sebaiknya kita simak dulu apa sih yang menyebabkan tubuh kamu tidak/belum tinggi?

Tubuh pendek bisa saja terjadi dikarenakan banyak hal diantaranya karena kekurangan hormon perkembangan ( somatotropin ). hormon ini dihasilkan oleh kelenjar pituitary ( kelenjar di bawah otak ) yang berperan mengendalikan perkembangan tulang anda. pada umur 12-14 tahun, kelenjar ini amat aktif serta menghasilkan sangat banyak hormon untuk merangsang pertumbuhan tulang. setelah itu kelenjar hormon dapat menyusut produksinya. umumnya pada wanita kelenjar ini berhenti berproduksi pada umur 21 th. serta pria 25 th. jika kamu tahu teknik spesifik agar kelenjar ini terus berproduksi untuk menambah tinggi badan kamu.

Tak hanya dikarenakan faktor umur hormon perkembangan juga dapat berhenti sebelum saat waktunya dikarenakan faktor stres didalam kehidupannya ( sekolah, lingkungan kerja, rumah tangga dan lain-lain ). faktor yang lain lagi yaitu kebiasaan yang tidak sehat layaknya diet yang terlalu berlebih, posisi tidur yang tidak baik, olahraga yang salah, postur badan yang tidak tentunya ( cacat ). karena, untuk jadi tambah tinggi anda mesti hindari faktor-faktor tersebut : mesti mempunyai nutrisi yang cukup, tidur yang cukup hanya posisi yang baik ( tidak melengkung ) serta olahraga.

faktor keturunan juga merubah tinggi badan seseorang, satu perihal yang butuh dipahami terlebih dulu bahwa tinggi badan amat ditentukan oleh gen. hasil penelitian terkini ( layaknya ditulis afp tanggal 2 september 2007 ) mengatakan bahwa ada gen yang memastikan tinggi-pendeknya seseorang. gen itu diberi nama hmga2. pergantian suatu dasar di kode genetik hmga2 yaitu sesuatu c ( disingkat dengan cytosine ) dapat merubah tinggi badan seseorang. seseorang yang cuma memperoleh c dari di antara orang tuanya dapat lebih tinggi 1/2 sentimeter dari yang cuma mempunyai t ( disingkat dari thymin ). namun perihal ini bukan hanya hal penting dikarenakan sesungguhnya cukupnya gizi serta keaktivan hormon pertumbuhan-lah yang amat memastikan tingginya seseorang. sepanjang anda tidak cacat dengan genetik ( lahir sebagai orang kerdil ), maka tubuh anda sesungguhnya dapat jadi tambah tinggi dengan langkah meng-aktifkan kembali hormon perkembangan serta mencukupi gizi yang dibutuhkan tubuh.

Berapa Tinggi Yang Ideal Itu?
Untuk ukuran apakah tinggi kamu sudah Ideal atau belum bisa di lihat dari usia kamu,untuk ukuran tinggi penduduk indonesia berdasarkan usia bisa dilihat di gambar berikut:
tinggi normal indonesia

Jika kamu tergolong belum normal atau ingin menambah tinggi badan kamu bisa mencoba olah raga rutin berikut ini:

  • Lari sprint (jarak pendek)

Latihan ini bermanfaat meningkatkan pelepasan hormon pertumbuhan. Penekanan pada otot kaki selama latihan berdampak pada pemanjangan tulang dan otot.
Tetapi jangan terlalu sering melakukannya karena dapat menyebabkan pembengkakan pada otot dan tendon. Sprint dianjurkan pada permukaan alami seperti lantai atau rumput, bukan beton.

  • Menendang

Berdiri dengan kaki lebar dan angkat satu kaki kemudian lakukan tendangan. Ulangi minimal 20 tendangan pada satu kaki dan kemudian beralih ke kaki yang lain. Lakukan latihan ini selama 20 kali, karena dapat memperpanjang tulang kering dan paha.

  • Melompat

Berdirilah di depan bangku atau tangga setinggi kaki. Untuk memulai, lompat dengan satu kaki dalam sepuluh hitungan. Lalu, ulangi dengan kaki lain. Lakukan gerakan melompat hingga tiga kali. Anda bisa beristirahat di sela latihan.

  • Bersepeda

Gerakan mengayuh sepeda membuat jari kaki terus mencapai pedal. Ini merupakan peregangan yang bisa membuat kaki lebih panjang. Lakukanlah selama sekitar 10-15 menit. Anda juga dapat menggunakan sepeda statis atau stationary cycle.

  • Berenang

Olahraga satu ini memang sangat efektif untuk membuat tubuh fit dan lebih fleksibel. Lakukan renang gaya dada dan lakukan minimal 20 menit.

  • Lompat tali

Latihan ini sangat menyenangkan, apalagi jika Anda sambil mendengarkan musik menghentak. Lakukan sebanyak 300 kali setiap hari.

  • Berayun

Gunakan penahan atau ambang pintu yang tinggi. Anda dapat membelinya di toko peralatan olahraga. Awali posisi dengan berdiri lalu biarkan tubuh berayun. Posisi kaki bisa lurus atau ditekuk, buatlah tubuh senyaman mungkin. Lakukan gerakan ini setidaknya 10 kali dalam sehari.

  • Free Hand

Berdirilah tegak dalam ruangan yang luas dan tarik napas dalam-dalam. Angkat tangan letakan di tingkat bahu, lalu dorong tangan sejauh mungkin dan lepaskan napas. Ulangi 8 -10 kali.
Tarik napas dan kembali memosisikan tangan. Lalu, angkat tumit sambil berdiri jinjit, hembuskan napas, ulangi 80-10 kali. Tarik napas dan angkat lengan terentang di atas kepala. Lalu ayunkan ke dalam dengan arah melingkar dan buang napas. Ulangi 80-10 kali.

 

Pilih satu dari olah raga Cara Menambah Tinggi Badan diatas mana yang kamu sukai.
selain itu jangan lupa untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin,seperti berikut:

  1. Vitamin D yaitu: ikan, sereal, telur, tofu, susu kedelai, kedelai, jamur, sosis, dan kacang almond.
  2. Vitamin A  yaitu: bayam, bit, wortel, ayam, pepaya, peach, susu, tomat, dan lain sebagainya.
  3. Kalsium kalsium sendiri bermanfaat agar tulang tetap kuat dan perkembangannya baik. Konsumsi kalsium ini dapat diperoleh dari keju, yogurt, telur, dan lain sebagainya.
  4. Protein yaitu: susu, keju, kacang hijau, lentils, ayam, oatmeal. ikan laut dalam, daging, kedelai, dan sebagainya.
  5. Mineral lainnya: Mineral-mineral lain yang dibutuhkan tubuh membantu perkembangan tulang serta memperlancar peredaran darah,mineral-mineral penting ini biasanya terdapat pada kacang hijau, brokoli, bayam, kol, labu kuning, kacang-kacangan, pisang, anggur, dan lain sebagainya.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: