Tempat Jajan Favorit di Solo

Gladag Langen Bogan

Wisata kuliner ini terletak di  kawasan Gladag, tepatnya di badan Jalan Mayor Sunaryo. Di kawasan ini pengunjung bisa mencicipi aneka makanan khas Solo, seperti nasi liwet, tengkleng, dan bubur lemu, dijual setiap malam di Gladag Langen Bogan itu. Begitu juga bistik, timlo, gudeg ceker, pecel ndeso, dan makanan khas lainnya. Sedangkan untuk minuman di sana ditawarkan mulai dari wedang ronde, wedang donga, wedang jahe hingga minuman jus buah yang menjadi alternatif bagi pengunjung.

Gladak Langen Bogan
Pusat jajanan malam Gladag Langen Bogan mulai buka pukul 17.00 hingga menjelang dini hari. Konsep yang digunakan di sana juga sama dengan yang ada di Kia-Kia Kembang Jepun, Surabaya. Pengunjung bisa menikmati makanan sambil duduk di kursi atau tikar. Pengunjung tidak perlu khawatir dengan harga yang ditawarkan karena semuanya murah. Ada sekitar 100 pedagang yang buka setiap malam.

Setiap akhir pekan, pengunjung juga bisa menikmati pertunjukan musik di kawasan ini. Kawasan ini menjadi alternatif lain kalau ingin makan, terutama malam hari. Kawasan pun bisa menjadi salah satu tujuan bagi wisatawan saat berkunjung ke kota yang dikenal sebagai kota yang tidak pernah tidur ini.(gna)

Gudeg Ceker

Gudeg ceker adalah makanan khas yang terdiri dari nangka muda, krecek (kulit sapi), telur, daging ayam dan cakar ayam (ceker). Gudeg ceker yang terkenal di Solo adalah Gudeg Ceker Bu Kasno yang tempatnya di pinggir jalan (trotoar) di daerah Margoyudan (dekat dengan SMA 1 Solo, kalau dari Stasiun Solo Balapan ke arah timur). Gudeg Ceker Bu Kasno buka pada malam hari sekitar jam 1 malam sampai pagi jam 5an. Meskipun bukanya malam hari dan tempatnya di pinggir jalan, namun jangan salah, tempat tersebut selalu ramai oleh penikmat kuliner. Oya, informasi juga, supaya masih mendapatkan menu special cekernya, banyak yang menyarankan agar datang sebelum jam 4 pagi karena biasanya setelah jam 4 pagi menu special cekernya sudah habis.

Tengkleng

Tengkleng adalah makanan olahan dengan bahan dasar daging kambing dan cenderung lebih banyak berisi tulang tulang kambing yang memiliki sedikit daging yang menempel pada tulang tersebut, jerohan kambing, mata, pipi, kuping, dll yang diolah seperti gulai (berkuah kental) dan bumbunya sangat terasa. Tengkleng yang terkenal di Solo adalah tengkleng Bu Ediyem di Pasar Klewer Solo. Lokasinya di samping Gapura Pasar Klewer. Dari bahan-bahannya, makanan ini sepertinya kurang cocok untuk yang memiliki masalah kolesterol.

Baca juga  Batu Seribu, lokasi indah dan menantang

Serabi

Adalah semacam pancake yang bahan adonannya terdiri dari tepung beras, santan, gula, garam, dan daun pandan sebagai pewangi, dan bahan lainnya yang kemudian dipanaskan dalam suatu cetakan berupa wajan kecil yang kemudian ditutup dengan penutup dari tanah liat supaya serabi mekar. Srabi memiliki tekstur kenyal namun tetap lembut dan rasanya sangat legit. Letaknya srabi ini di sepanjang Jalan Moh. Yamin Notosuman. Toko srabi notosuman yang terkenal adalah Srabi Notosuman Ny Lidia (kotak bungkusnya warna hijau) dan Srabi Notosuman Ny Handayani (kotak bungkusnya warna coklat/merah)

Timlo

Timlo adalah makanan khas Solo yang isinya potongan-potongan daging ayam, jerohan ayam seperti ati ampela, potongan-potongan sosis solo, telur ayam pindang, dengan kuah mirip dengan sop dan di atasnya ditaburi bawang goreng. Biasanya timlo disajikan bersama dengan seporsi nasi hangat. Timlo yang terkenal di Solo adalah Timlo Sastro yang tempatnya di belakang Pasar Gedhe Solo. Oya, untuk yang bermasalah dengan kolesterol, makanan ini sepertinya kurang cocok juga.

Soto

Di Solo setidaknya ada tiga tempat yang terkenal dan saling bersaing sebagai tempat makan soto pilihan, masing-masing dengan kekhasan dan penggemar fanatiknya sendiri. Ketiganya merupakan varian soto ayam dengan kuah bening tanpa santan.

Tersedia berbagai hidangan lain untuk menemani soto, antara lain: perkedel kentang, tempe dan tahu goreng, empal, kikil, ayam goreng, sosis solo, dan lain-lain.

  • Soto Kirana Jl. Prof. Dr. Moh. Yamin 68, Kawatan, 0271 667095, 06.00–14.00. Jalan Raya Solo Baru 27, Tanjunganom, 0271 620151, 06.00–14.00. Juga menyediakan soto sapi.
  • Soto Gading Jl. Brigjen Sudiarto 75, 0271 665526, 05.30–16.00, 2). Jl. Veteran 285, 0271 724708, 06.30–15.00, 3). Jl.Brigjen Sudiarto 85, 0271 642142, 06.30–15.00
  • Soto Triwindu Jl. Teuku Umar 41, 646006, 06.00–15.00: Banyak penggemarnya. Porsi dagingnya banyak.
  • Soto Ledokan Jl. Ahmad Yani, Kartasura (sebelah Barat Terminal Lama): Ada hiburan pemusik keroncong di warung ini.
  • RM Nikmat Sari Jl. A. Yani 137, Kartasura, 0271 780642: Terkenal dengan soto babat-nya. Tetapi, sebetulnya, di sini saya lebih suka babat gongso (masakan khas Semarang) yang empuk dan gurih
Baca juga  8 Pilihan Tempat Wisata di Ponorogo yang Harus Ada di List Liburanmu

Ayam tim Dewi Sri (Ayam tim Bu Better)

Ayam tim Dewi Sri atau yang lebih terkenal dengan sebutan Ayam tim Bu Better merupakan ayam goreng asli ayam kampung yang di tim terlebih dahulu baru kemudian digoreng. Ayamnya disajikan dengan lalapan dan sambal. Ayam tim bu Better tempat utamanya adalah di Jl. Raya Solo-Tawangmangu, Palur, Karanganyar di dekat palang pintu kereta api Palur, namun ada juga cabangnya di dekat lapangan Kota Barat Jl. Yosodipuro Solo.

Ayam Goreng Mbah Karto

Ayam Goreng Mbah Karto terletak di dekat PLN dan Polres Sukoharjo, alamat tepatnya di Jl. Jaksa Agung R. Soeprapto 8, Depan PLN Sukoharjo (kira-kira 10 Km selatan pusat kota Solo). Ayam Goreng di sini menggunakan ayam kampung muda, istilahnya ayam kampung kemanggang, yang digoreng gurih dan disajikan bersama sambal khas yang berbahan dasar kemiri dengan sedikit cabai merah.

Ayam Goreng Tulang Lunak Putro Bengawan

Letak warung makan ini di dekat Taman Satwataru Jurug dekat dengan sungai Bengawan Solo. Di sana ayam tulang lunaknya di goreng kress dan disajikan dengan lalap dan sambal. Tempat makannya lesehan dipinggir jalan yang teduh di dekat sungai bengawan solo.

Rumah Makan Adem Ayem

Rumah makan ini menyediakan hampir segala jenis makanan khas Solo dari Gudeg, nasi liwet, timlo sampai makanan modern. Rumah makan ini buka dari pagi hingga malam. Lokasi rumah makan ini di Jl. Slamet Riyadi 342.

 Rumah Makan Kusuma Sari

Rumah makan ini menyediakan berbagai macam makanan seperti selat segar dan gado-gado hingga menu masakan china, steak, serta bermacam-macam ice cream. Letak rumah makan kusuma sari ini di Jl. Slamet Riyadi (dekat dengan perempatan Nonongan).

Tempat makan lain yang juga saya rekomendasikan:

Soto Kambing Jakarta (dekat GOR Bhineka, belakang Sriwedari)

Timlo Sastro (belakang Pasar Gede)

Tahu Kupat Masjid Solikhin (timur Hotel Sahid Jaya)

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here