Solo Musik Akustik, ajang baru pemusik Solo

Sebuah ajang musik baru muncul lagi di Kota Solo. Kegiatan ini diberi tajuk Solo Musik Akustik. Sebuah kegiatan yang bertujuan menjadi ajang komunikasi penggiat kelompok band di Kota Solo, sekaligus ekspresi dan sosialisasi karya-karya mereka dalam bentuk musik unplugged.
Kegiatan seacam ini bagi sebagian anak band tidak gampang, sebab dengan instrument yang tanpa asesoris dan efek mereka dituntut bermain maksimal. Oleh karena itu Solo Musik Akustik menjadi kegiatan bergengsi bagi kelompok-kelompok band di Kota Surakarta.

Tempat usaha Anda belum tercatat di web ini? Hubungi kami di sini.

Solo Musik Akustik berlangsung 30 September 2009 di Graha Musik Kita, Mangkuyudan, Surakarta. Pada kegiatan tersebut hadir sekitar 100 orang, baik pemusik maupun penikmat musik di Kota Surakarta. Mereka menyaksikan kelompok-kelompok, semacam 17 Band, Topi, Gerry, Kaktus, Inc., dan Star Boy.
Acara tersebut dihadiri juga oleh penggiat musik band di Kota Bengawan, Romi dari Studio itu. Pada kesempatan tersebut, Romi mengungkapkan bahwa trend musik sekarang ini bergaya melayu semacam ST 12. Sedangkan untuk industry musik cenderung ke RBT daripada yang fisik. Hal ini dibuktikan dengan penghargaan platinum dulu diberikan bagi yang bisa meraih 300 ribu keping. Kini sebuah kelompok band yang mengantongi 150 ribu keping saja sudah bisa dapat platinum.
Tapi tidak semua kelompok band mengikuti arus pasar. Beberapa di antaraya tetap memegang karakternya dan tetap laku, misalnya Gigi dan Netral. Meskipun untuk menjadi sepert mereka perlu melakukan proses yang lebih panjang berkait keuntungan. Salah satu kiatnya adalah kemampuan membangun komunitas-komunitas.
“Jadi sekarang tinggal pilihan anak-anak band untuk bermusik dengan karakter tertentu atau mengikuti pasar,” kata Romi. (soloraya.com/ye)

Baca juga  Sesaji 100 Tahun Wayang Orang Sriwedari
band-01
Gambar 1: Solo Musik Akustik
Gambar 2: Solo Musik Akustik
Gambar 2: Solo Musik Akustik
Gambar 3: Solo Musik Akustik
Gambar 3: Solo Musik Akustik

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here