Ponpes Candradimuka, kataman berpenerangan teplok

Kataman berpenerangan teplok
Kataman berpenerangan teplok

Banyak cara dilakukan untuk mengisi Bulan Ramadhan. Salah satunya kataman atau tadarusan Alquran. Uniknya sebuah Ponpes tradisional di Sukoharjo melakukan kataman dengan penerangan lampu minyak karena listrik belum masuk desa mereka.
Ponpes tersebut bernama Candradimuka terletak di Desa Laban Mojolaban Sukoharjo. Kataman adalah kegiatan membaca kitab suci Alquran dari awal hingga akhir selama bulan Ramadhan.
Kegiatan ini biasanya dilakukan seusai Shalat Tarwih diikuti oleh puluhan santri pondok. Uniknya nuansa tradisional sangat kental di Ponpes ini.sebab kegiatan kataman dilakukan dengan penerangan lampu teplok atau lampu minyak. Kondisi ini justru membuat para santri lebih khusyuk membaca ayat ayat suci Alquran.
Santri Ponpes tradisional ini seperti halnya Ponpes Ahlusunnah Wal Jamaah lainnya mengerjakan Shalat Tarwih sebanyak 23 rakaat.
Pimpinan Ponpes, Ustad Agung Syuhada, mengatakan pengajaran Ponpes Candradimuka lebih memfokuskan pada ajaran akhirat. Berbeda dengan Ponpes modern, Ponpes Cadradimuka tidak membahas masalah dunia. (soloraya.com/gna)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here