Resto dengan pelayanan santun, ramah, tanpa kepura-puraan

Di tengah menjamurnya wisata kuliner Kota Solo, resto ini tumbuh  mengesankan. Rahasianya bukan semata menu lezat, tapi juga pelayanan yang santun tanpa kepura-puraan.

MENEMUKAN rumah makan yang memadukan menu lezat dan pelayanan yang sempurna memang gampang-gampang susah. Namun ada yang menarik ketika menyebut Restoran Taman Pringsewu. Resto dengan konsep alam atau outdoor di sisi Jalan Adi Sucipto, Solo, ini tak hanya menawarkan menu-menu yang menggugah selera, tapi juga pelayanan yang smart, santun tanpa kepura-puraan.  Daya tarik lain adalah konsep rumah makan alam yang ditawarkan.

Memang, begitu memasuki lorong kecil yang menjadi satu dengan aula atau ruangan tanpa pintu dan jendela, pengunjung bisa langsung menangkap suasana alam terbuka itu: sebuah taman yang cukup   luas, dengan kolam yang airnya terus mengucur dari pralon bambu. Di sisi taman, terdapat beberapa tempat ayunan sebagai arena bermain anak-anak. Di sisi kanan, ruang makan resto ini  memanjang terbuka hingga lebih separo taman. Di tengah lorong, terdapat ruang meeting yang juga bisa menjadi ruang makan. Meski tertutup, tapi pengunjung tetap leluasa memandang ke luar, karena dinding ruangan berupa kaca-kaca. Di sisi kiri agak ke belakang, ruang makan dibangun berupa deretan gazebo dengan konsep lesehan.

Sekarang tentang menu.
Hampir semua menu di resto ini menarik –sebagian di antara unik karena  hanya tersedia di resto ini. Sebut saja: eskrim goreng, udang di balik batu, gurame terbang, es gamelan, atau pun nasi bakar. Beberapa menu favorit yang ditawarkan resto ini, antara lain;

GURAMEH ASAM MANIS
GURAMEH ASAM MANIS

Udang di Balik Batu: Udang dibalik Batu atau udang sembunyi, karena berupa udang goreng utuh yang dijepit dengan udang yang diracik dicampur telur, daging ayam dan tepung.

Sensasi Nasi Timbel: Nasi Timbel racikan Kabayan ini adalah nasi putih digulung dibungkus daun pisang yang dibakar diatas bara arang, kekhasan nasi gulung ini ada pada prosesnya ; nasi pulen dikipas kipas sambil diaduk aduk sampai butiran butiran nasinya menyatu, baru dibentuk memanjang dan digulung . Aroma harum nasi bercampur wangi daun pisang akan tercium saat bungkusan dibuka.

Baca juga  Kalibiru Kulon Progo, Perbukitan Syahdu Yang Menoreh
UDANG TEPUNG
UDANG TEPUNG

Disajikan dengan keranjang bambu ada lauk komplet ; ayam goreng, empal srundeng, tahu goreng, ikan asin jambal roti, lalab sambal dan sayur asem. Nasinya hangat pulen, jadi kalau dimakan dengan sayur sem dan lauk yang manis, gurih, rasanya jadi makin enak . Ditutup dengan buah iris semangka yang segar.

UDANG TIRAM
UDANG TIRAM

Segarnya Es Gamelan: Sekilas es gamelan ini mirip dengan es campur, isinya komplet. Isinya mulai dari tape singkong, tape ketan, kelapa muda, nangka, dan alpukat. Diberi serutan es plus susu diatasnya, membuat es ini makin sueger! yang istimewa dari es gamelan ini adalah terletak pada racikan gulanya yang manis, asam dan buah segar yang pas dan juga pada serutan kelapanya yang lembut. Rasanya sungguh segar sehingga pas dilidah. Sangat cocok di saat udara panas.

Nikmatnya Nasi Bakar: Nasi Bakar ini adalah nasi favorit disuka oleh pengunjung Kabayan . Nasinya diliwet, dibungkus daun pisang digulung dan dibakar di atas bara arang . Isi di dalam nasi gulung : ikan tongkol pilihan yang dimasak dengan campuran bumbu khas pilihan, kemangi dan cabe rawit iris. Ini yang membuat enak menurut pengunjung saat dibuka tercium aroma khas karena nasi itu dibungkus daun pisang, aroma bakar, gurih dan ada pedasnya. Pelengkap ada tempe goreng,ayam goreng, tahu goreng, dan lalap sambal . Dimakan waktu kapan pun tepat makan pagi, siang atau malam cocok.

Mie Pelangi: Jika Anda penggemar masakan mie, tak ada salahnya Anda mencoba menu mie yang unik satu ini, yaitu mie pelangi. Selain rasanya unik, mie ini juga penuh gizi karenapewarnanya dibuat dari sayuran dan buah-buahan. Kesehatan adalah harta yang paling berharga. Untuk itu mengkonsumsi makanan harus memperhatikan fungsionalnya, memenuhi kebutuhan makanan yang bergizi tinggi, higienis dan aman bagi kesehatan adalah yang paling utama. Mie Pelangi hadir dengan citarasa paduan 3 warna yang berasal dari bahan-bahan alami dan higienis, kombinasi ini membentuk warna orange, hijau dan kuning. warna orange berasal dari wortel, dimana wortel warna hijau berasal dari campuran dari jus sawi hijau.

Baca juga  Restoran Pringsewu

Nikmatnya Gurame Cobek: Tak kalah lezatnya menu sunda di kabayan adalah gurameh cobek . Gurameh yang dimasak dengan bumbu  rempah tradisional dijamin membuat pengunjung ketagihan. Disajikan dan diproses khusus kondisi panas,  tercium aroma khas daun kemangi dan bumbu rempah, rasa cabe pedas menyengat sangat cocok dipadukan dengan nasi pulen kabayan. Renyahnya daging gurameh dan bumbu pedas disajikan dialas daun pisang membuat pengunjung serasa kembali ke selera sunda . Ada 2 pilihan pengolahan ; Dibakar dan digoreng. Satu porsi bisa untuk 3 orang.


Suprising Pengunjung

Salah satu bentuk pelayanan tanpa basa-basi bagi pengunjung adalah dengan memberikan kejutan atau surprise kepada pelanggan. Yaitu dengan cara memberikan sebuah nuansa baru yang tidak monoton lewat perayaan hari ulang tahun pelanggan. Ini bisa terjadi, karena karyawan resto akan selalu selalu menanyakan hari ulang tahun pada setiap pengunjung. Jika pada hari ketika bertanya masih berada dalam hitungan bulan kelahiran pengunjung, maka sejumlah karyawan akan memberikan suprise. Dengan iringan musik khas dari Pringsewu –biasanya berupa kotekan, serta pakaian unik dari para karyawannya, mereka akan memberi ucapan selamat ulang tahun. Tak hanya  itu, mereka juga akan memberikan surprising minuman, puding, kue tart dan foto langsung jadi kepada tamu yang berulang tahun. Sesuatu yang sederhana, tapi sangat mengesankan.

Bentuk kejutan lain yang diberikan resto ini adalah atraksi permainan sulap. Tak perlu heran, sebab seluruh karyawan Pringsewo Solo  ini memang harus bisa bisa bermain sulap. Pihak Pringsewu bahkan memberikan pendidikan khusus sulap, agar karyawan bisa memuaskan pelanggan. Atraksi sulap ini dilakukan saat pelanggan menunggu menu pesanan datang. Dengan cara seperti ini, maka pelanggan tidak akan merasa jengah atau bosan, saat menu pesanan belum datang. (gna)

Tulisan terkait:

1. Restoran Pringsewu.

2. Restoran dengan pelayanan ramah, santun tanpa kepura-puraan.

3. Sekilas Pringsewu Group.

7 KOMENTAR

  1. […] khasnya ikan gurameh goreng restoran ini. Lebih jauh tentang Pringsewu: 1. Sekilas Pringsewu Group. 2. Resto dengan pelayanan santun, ramah tanpa kepura-puraan. 3. Ulang tahun di Pringsewu […]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here