Inilah Sepasang Bayi Tabung Pertama RS Dr Muwardi

Program bayi tabung (program in vitro fertilisation) RS Dr Moewardi Solo, berhasil melahirkan dua bayi kembar laki-laki dan perempuan. Keduanya merupakan program bayi tabung pertama yang berhasil dilakukan RS Dr Moewardi. Si kembar adalah anak pasangan Sekar (nama samaran) yang berusia 32 tahun, dan Muwardi, juga nama samaran, yang berusia 35 tahun.


Sepasang suami istri tersebut sudah menikah enam tahun dan belum dikaruniai anak. Hingga akhirnya mereka mengikuti program bayi tabung dan November 2013 lalu melahirkan dua bayi kembar di Klinik Sekar Moewardi milik RS Dr Muwardi melalui operasi caesar. Klinik tersebut merupakan program fertilitas bagi pasangan yang belum mempunyai keturunan.

Bayi kembar putra pasangan Sekar dan Muwardi ini merupakan program bayi tabung ke-12 yang ditangani klinik sejak berdiri tahun 2010. Sampai tahun 2013,  Sekar Muwardi sebenarnya sudah menangani 14 pasien. Tiga di antaranya berhasil terjadi pembuahan dan ditanamkan di dalam rahim ibunya. Namun dua di antaranya mengalami keguguran, dan satu berhasil.

Menurut Ketua Tim Program Bayi Tabung Dr dr Eriana, dalam kasus suami-istri Ny Sekar dan Muwardi, saluran telur Ny Sekar tersumbat sehingga tidak dapat dilewati indung telur yang mengakibatkan tidak dapat dibuahi.

“Tim dokter melakukan rekayasa teknologi reproduksi dengan cara memetik indung telur yang terbaik, kemudian dilakukan pembuahan telur dengan sperma suami. Setelah terjadi pembuahan, embrio ditransfer ke rahim agar menjadi janin,” kata Eriana.

Program bayi tabung ini menghabiskan biaya antara Rp 50 juta hingga Rp 60 juta. Sampai saat ini kedua bayi sehat dan  mendapat asupan air susu secara eksklusif atau ASI.(Ganug Nugroho Adi)

 



Kategori:Sosok, Kisah & Kiprah

Tag:, , , , ,

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 54.049 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: