Ragam motif batik

Berikut ini adalah ragam motif batik yang bisa Anda gunakan untuk pemahaman atas motif-motif batik yang umum ditemukan di Indonesia.

Batik Tulis motif Kereta Kencana

 

Batik Tulis motif Kereta Kencana2

Kereta Kencana melambangkan kendaraan Patih yang digunakan untuk berkeliling ke desa-desa dan lumbung lumbung pertanian.

Kereta kencana ini berasal dari Bagelen, Jawa Tengah yang terbuat dari kayu jati dan besi yang berhiaskan logam. Kencana berarti emas lambang kejayaan kaum bangsawan.

Batik Tulis ini menceritakan kejayaan kerajaan di Jawa pada masa keemasannya. Dibalut dengan warna merah dan biru, membuat batik ini semakin kelihatan indah.

Batik Cap Banyumas motif Pisan Bali

Batik Cap Banyumas motif Pisan Bali

Setelah menelusuri beberapa buku, ternyata motif ini adalah motif ‘Pisan Bali’. Motif ini banyak ditemukan di pahatan batu-batu di candi-candi di Jawa pada abad ke 9 (sembilan). Motif ini melambangkan kehormatan dan status pemakainya.

Motif ini juga banyak dibuat di surakarta. Yang satu ini dibuat di Banyumas.

Bahan kain: Prima Halus

Batik Sekar Jagad

Motif Sekar Jagad menggambarkan keanekaragaman dunia bunga dan tumbuhan. Melukiskan beberapa flora di sekitar kita seperti melati, padi, kentang, kawung dan lainnya. Setiap desain dibalut dengan cara tambalan atau patchwork dengan desain yang tidak simetris (asimetris).

Motif ini terdapat di beberapa daerah, dengan interpretasi khas yang bervariasi. Batik motif sekar jagat yang dibuat Tasikmalaya banyak
menggunakan warna merah muda dan coklat. Di batik Solo, Yogya, atau Cirebon, Pekalongan, Lasem dan batik pesisir lainnya, motif ini juga dikembangkan sesuai ciri khas mereka masing-masing.

Batik Cap Jogjakarta Motif Parang
Barong Sogan

Batik Cap Jogjakarta Motif Parang Barong SoganMotif Batik Yogya bukan sembarang motif. Setiap motif yang tergores di atas batik Yogya sarat akan filosofi. Warna batik Yogya dominan dengan warna alam dan cenderung gelap. Ada dua macam warna latar kain batik Yogyakarta, yaitu hitam dan putih. Dibuat dengan metode batik cap yang dibuat dengan menggunakan bantuan canting cap. Canting cap mirip seperti stempel dengan bahan
yang terbuat dari tembaga dan dimensinya lebih besar, rata-rata berukuran 20cm X 20cm.

Kain Batik Cap Padang Motif Rumah Adat

Kain Batik Cap Padang Motif Rumah AdatBatik ini berasal dari Padang, Sumatra Barat. Dahulu kala, batik hanya digunakan pada upacara adat khusus sebagai selendang. Hanya para ninik mamak, bundo kanduang, dan datuk panutan adat yang boleh mengenakannya. Para perempuan menyampirkannya di bahu, sementara para panutan adat melingkarkannya di leher.

Batik Tulis Solo Pewarna Alam Motif Parang Truntum Biru

Batik Tulis Solo Pewarna Alam Motif Parang Truntum BiruDibuat di Solo. Keindahan Batik Solo mengandung filosofi kehidupan yang banyak terpengaruh dari Filsafat Jawa. Solo sendiri merupakan kota Batik yang sangat terkenal baik di dalam maupun luar negeri

Batik Cap Jogja Motif Kawung Kumbang

Batik Cap Jogja Motif Kawung KumbangMotif Batik Yogya bukan sembarang motif. Setiap motif yang tergores di atas batik Yogya sarat akan filosofi. Warna batik Yogya dominan
dengan warna alam dan cenderung gelap. Ada dua macam warna latar kain batik Yogyakarta, yaitu hitam dan putih.

Kain Batik Cap Padang Motif Rumah Gadang Coklat

Kain Batik Cap Padang Motif Rumah Gadang CoklatBatik ini berasal dari Padang, Sumatra Barat. Dahulu kala, batik hanya digunakan pada upacara adat khusus sebagai selendang. Hanya para ninik mamak, bundo kanduang, dan datuk panutan adat yang boleh mengenakannya. Para perempuan menyampirkannya di bahu, sementara para panutan adat melingkarkannya di leher.

Kain Batik Cap Tasik Motif Kail Nelayan Ungu Pink Prima

Kain Batik Cap Tasik Motif Kail Nelayan Ungu Pink PrimaBatik Tasikmalaya atau Tasik merupakan salah satu batik asal Jawa Barat yang banyak diminati. Karena motif dan warnanya memiliki nuansa ceria dan segar. Apik untuk dijadikan busana dan dikombinasikan.

Paket Kombinasi Batik Cap Priangan Ungu Ceria

Paket Kombinasi Batik Cap Priangan Ungu CeriaPaket kombinasi adalah gabungan dua helai batik yang cocok bila dijadikan kombinasi dalam pakaian. Agar tampak menarik blouse atau gaun batik biasanya terdiri dari dua motif batik.

Motif Batik Cirebon

Pada batik klasik, biasanya terdapat motif wadasan, atau batu cadas di bagian-bagian tertentu. Demikian juga dengan ragam hias berbentuk awan, turut menjadi bagian yang menjadi ciri khas pada batik Cirebon.

Kain Batik Cap Tasik Motif Lereng Bulat Hejo Prima

Kain Batik Cap Tasik Motif Lereng Bulat Hejo Prima

Batik Priangan adalah batik yang berasal dari Jawa Barat, dari daerah-daerah seperti Tasik, Garut, Ciamis, dan Bandung. Batik ini juga merupakan bagian dari Batik Tatar Sunda bersama dengan Batik dari Cirebon dan Indramayu.

Batik Tulis Solo Pewarna Alam Motif Sido Luhur Biru

Batik Tulis Solo Pewarna Alam Motif Sido Luhur Biru

Batik Tulis ini dibuat melalui proses yang detail dan lama. Melalui proses molani yaitu desain batik awal, hingga melukis dengan canting tulis dan malam, sampai proses ngelorot, yaitu mengubah warna dengan rebusan.

Kain Batik Cap Padang Motif Rumah Adat Ungu

Kain Batik Cap Padang Motif Rumah Adat UnguBatik ini berasal dari Padang, Sumatra Barat. Dahulu kala, batik hanya digunakan pada upacara adat khusus sebagai selendang. Hanya para ninik mamak, bundo kanduang, dan datuk panutan adat yang boleh mengenakannya. Para perempuan menyampirkannya di bahu, sementara para panutan adat melingkarkannya di leher.

Kain Batik Cap Jogja Motif Parang Klithik Hijau Army

Kain Batik Cap Jogja Motif Parang Klithik Hijau Army

 

Motif lain:

Ragam motif batik

Ragam motif batik

tulis_tenun_batik_motif_ali-baba

motif-batik-sekolah

Beragam motif batik. Untuk tulisan mengenai motif batik Jawa silakan baca di sini.

Sumber: Bartik Indonesia

20 Comments on Ragam motif batik

  1. mas/ pak … bisa dicantumin ga makna atau filosofi dari motif2 tersebut…trimakasih

    Suka

  2. batik ina mank buagus bangetzZzZzZzZz
    i like my country
    iNdOnEsIA…………….

    Suka

  3. tlong jelasin kegunaan,motif n filosofinya…..thx

    Suka

  4. jaman dulu ketika batik masih menjadi tradisi kraton, ada motif-motif tertentu yang disakralkan dan hanya boleh dipakai oleh orang-orang kraton.
    dan tidak diperbolehkan dipakai oleh orang-orang margin atau kawulo alit.

    Suka

  5. lebih baik lagi bila setiap daerah dibuatkan folder tersendiri, di dalamnya bisa diisi gambar dan penjelasan (tiap gambar) mengenai makna motif atau keterangan lain seperti siapa yang memakainya, kapan pertama kali ada, dan lain sebagainya.
    kalau penjelasan secara global, pengenalan tidak bisa lebih mendalam, hanya sebatas tahu saja.
    bisa juga disediakan tempat bagi orang2 yang ingin menyumbangkan referensinya tentang batik suatu daerah. jadi website ini bisa lebih lengkap lagi isinya.
    terima kasih

    Suka

  6. batik di ina emnk bwgs bwngt . . . . . .
    qw slut ma ina. . . . . .
    pertahankan batik di ina ya . . . . . .

    Suka

  7. good…..!!!!

    Suka

  8. baaaaa….guzzzz.!!!!

    Suka

  9. Ariny rahayu // 27 Januari 2010 pukul 14:39 // Balas

    Menurut saya batik Indonesia sangat bagus & batik Indonesia merupakan peninggalan tanah Luhur Nenek moyang kita…Dan kita harus mempertahankan budaya kita…….

    Terima kasih

    Suka

  10. wah….. keren buangettttzzzz
    suka dech….!!!!

    Suka

  11. Artikel yang sangat menarik, seharusnya dijadikan materi tambahan untuk pelajaran di mata pelajaran Bahasa Jawa baik di SD, SMP, maupun SMA supaya generasi muda tahu kekayaan bangsa yang adi luhung ini.

    Suka

  12. kkeeeeeeeeeeeerrrrrrrrrrreeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeennnnnnnnnnn!!!!!!!!!!!!!!!!!11
    mau ihhhhhhhhhhhhhhh

    Suka

  13. benar-benar indonesia …………………….

    Suka

  14. sheyla salima // 19 September 2011 pukul 18:53 // Balas

    i like batik,,,,!!!!!
    batik itu sungguh keren!!!!!!!!!

    Suka

  15. good job

    keyen…

    Suka

  16. sebagai para pemuda kita harus membudayakan buyada kita sendiri

    salah satunya batikk
    :P

    Suka

  17. BAGUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUSSSSSSSSSSSSSSSSSSS……..BANGEEETTTTTTTTTTTTTTTT………..

    Suka

  18. bagus batiknya!! hanya saja blm diberi keterangan nama batiknya…

    Suka

  19. Luar biasa, ternyata nenenk moyang kita sudah mengenai seni yang tinggi. harusnya kita ikut melestarikan dengan memakai baju batik tulis asli bukan yang printing. dan ijin share ya gan.

    Suka

1 Trackbacks & Pingbacks

  1. Membaca Filosofi Batik lewat Motifnya : Kabar SoloRaya

Berikan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Kirimkan setiap pos baru ke Kotak Masuk Anda.

Bergabunglah dengan 89.753 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: